Satu-satunya Cara Terhindar dari Paham Radikalisme Ya Pancasila

Abadikini.com, MADIUN – Pemahaman masyarakat tentang 4 Pilar Kebangsaan, khususnya di kalangan kaum muda perlu terus diasah dan diperdalam agar mereka terhindar dari paham radikalisme dan terorisme.

Pernyataan tersebut disampaikan Anggota MPR/DPR dari Partai Golkar, Yahya Zaini saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Sambirejo, Kec. Jiwan, Kab. Madiun.

Membentengi masyarakat dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila akan membuat kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman yang akan mengganggu kehidupan bermasyararakat, berbangsa dan bernegara.

“Apalagi di tengah membanjirnya informasi dewasa ini. Informasi yang diterima warga tidak bisa dibendung lagi. Satu-satunya cara membentengi mereka adalah memberikan pemahaman secara terus menerus agar nilai-nilai Pancasila tertanam menjadi pola pikir, sikap dan pola laku,” tutur Anggota DPR dari Dapil Jawa Timur VIII tersebut melalui rilisnya kepada Abadikini.com, Ahad (23/2/2020).

Yahya melanjutkan, penanaman nilai-nilai Pancasila tidak boleh monoton, tetapi harus menggunakan berbagai saluran informasi dan komunikasi yang dikemas secara kreatif supaya menarik bagi kaum milenial.

“Konten media sosial harus diisi dengan narasi kebangsaan yang menyejukkan dan menyenangkan. Bahkan sosialisasi bisa juga menggunakan berbagai permainan atau game yang mereka gemari,” tegas Yahya.

Selanjutnya, Yahya Zaini meminta agar para orang tua mengawasi putera-puterinya dalam menggunakan gadget dan internet. Media online sering digunakan untuk menyebarkan paham atau ajaran radikalisme dan terorisme.

“Rekrutmen anggota kelompok-kelompok radikal justru lebih efektif melalui internet daripada tatap muka, papar Politisi Golkar tersebut.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker