Benarkah Perempuan Bisa Hamil Setelah Berenang Bersama Pria, Ini Kata Ahli

Abadikini.com, JAKARTA – Pernyataan anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty belakangan tengah menjadi sorotan.

Ia melontarkan pernyataan soal perempuan bisa hamil bila berenang di kolam bersama laki-laki.
Pernyataan Hikmawatty tersebut muncul dalam salah satu video laman daring hingga menuai kontroversi dari sejumlah pihak.

Dalam video itu, ia mengatakan apabila ada laki-laki yang terangsang kemudian mengeluarkan sperma di dalam kolam meski tanpa adanya penetrasi, dapat mengindikasi kehamilan. Apalagi, kalau perempuan dalam kolam tersebut tengah dalam masa subur.

Namun, Benarkah seorang wanita bisa hamil setelah berenang bersama pria di kolam renang?

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Ivan Sini mengatakan jika pernyataan di atas sangat tidak ilmiah. Menurut Ivan, agar terjadi kehamilan memerlukan coitus yang secara ilmiah hanya akan terjadi bila ada sperma yang memasuki barier organ reproduksi dan tidak semudah kemasukan air.

“Ada media mukus dan cairan yang mewadahi proses tersebut dan sperma mesti aktif berenang di dalamnya untuk bisa mencapai telur yang letaknya berada di ujung distal dari tuba falopi. Jadi air di kolam renang tidak bisa menjadi media bagi sperma menuju ovum,” kata Ivan, dilansir dari Tempo.co, Minggu (23/2/2020).

Dokter Ivan pun mempertanyakan kejelasan dari pernyataan tersebut di atas. Dia mengingatkan jika bukan ahlinya sebaiknya jangan membuat pernyataan yang membingungkan publik.

Baca Juga

Back to top button