Penderita Diabetes Wajib Hindari Konsumsi 9 Buah Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Penderita diabetes diharuskan mengontrol makanannya. Salah memilih makanan, bisa-bisa gula darah naik bahkan bisa berdampak langsung bagi kesehatan si penderita.

Segala macam produk pangan yang serba tinggi kalori dan gula menjadi pantangan utama pengidap diabetes. Tak terkecuali sejumlah buah-buahan. Yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Berikut daftar buah-buahan yang harus dihindari penderita diabetes dilansir dari Boldsky, Jumat (21/2/2020) :

1. Mangga

Buah berdaging mayoritas kuning ini memiliki kadar gula yang tiggi. Setiap 100 gram mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

2. Sawo

Setiap 100 gram sawi mengandung 7 gram gula. Selain gula, sawo memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

3. Anggur

Buah yang kaya serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya ini ternyata mengandung karbohidrat sebesar 15 gram dalam setiap 85 gram anggur.

4. Aprikot Kering

Penderita diabetes sebaiknya menghindari aprikot kering. Sementara diketahui 1 cangkir buah aprikot segar mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

5. Prune/Plum Kering

Prune kering memiliki nilai GI yang sangat tinggi sebesar 103, sementara plum segar mengandung 24 gram karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

6. Nanas

Meskipun relatif aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, namun jika berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

7. Srikaya

Meskipun sumber vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang baik, srikaya bukanlah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Satu porsi kecil sekitar 100 gram sikraya dapat mengandung karbohidrat setinggi 23 gram.

8. Semangka

Semangka memiliki nilai GI sebesar 72 dan setengah potong semangka mengandung sekitar 5 gram karbohidrat.

9. Pepaya

Buah ini memiliki nilai GI rata-rata 59, pepaya juga tinggi karbohidrat dan kalori. Jika ditambahkan ke diet penderita diabetes, konsumsinya harus dalam jumlah terbatas.

 

Sumber Berita
Bisnis.com

Baca Juga

Back to top button