Final Piala Gubernur Jatim, Persebaya Surabaya Menang 4-1 atas Persija Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan mutlak 4-1 atas Persija Jakarta pada Final Piala Gubernur Jawa Timur  yang digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/22020).

Persebaya Surabaya berhasil mencetak gol lewat Oktafianus (3′), Makan Konate (51′), Ricky Kambuaya (53′) dan Mahmoud Eid (80′). Sedangkan Persija Jakarat hanya mampu memperkecil kedudukan lewat Marko Simic (42′).

Pada pertandingan ini Persija Jakarta harus bermain 10 orang lantaran akibat kartu merah yang diterima Ryuji Utomo.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama, kedua tim bermain cukup hati-hati, kedua tim silih berganti melakukan serangan, namun, pada berselang 3 menit babak pertama, skuad Persebaya Surabaya berhasil mencetak gol cepat saat laga baru berjalan , Oktafianus Fernando berhasil menyarangkan bola ke gawang Persija Jakarta.

Pemain nomor punggung 8 itu langsung menyambar bola dengan kaki kirinya setelah menerima umpan silang dari Makan Konate. Proses terciptanya gol memperlihatkan lemahnya barisan pertahanan Persija Jakarta yang dikomandoi Ryuji Utomo.

Selepas menit 20, Pasukan Ibu Kota mulai panas. Marko Simic dan kawan-kawan mulai bisa memberikan tekanan kepada Persebaya. Sayang, Persija belum bisa menyamakan kedudukan hingga menit 30.

Petaka untuk Persija datang pada menit 31. Ryuji Utomo diganjar kartu merah oleh wasit setelah melanggar David da Silva.

Kehilangan satu pemain membuat Persija dipaksa main bertahan. Evan Dimas ditarik keluar diganti oleh Alfath Fathier untuk memperkuat lini pertahanan.

Pertandingan juga berjalan keras. Beberapa kali para penggawa Persija menjatuhkan pemain-pemain Persebaya.

Persija berhasil menyamakan kedudukan pada menit 42. Berawal dari sepak pojok Riko Simanjuntak, sundulan keras Marko Simic tidak bisa dihentikan Rivky Mokodompit. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai,  kedua tim sudah mulai silih berganti serangan. Diawali sepakan spekulasi Sandi Sute dari luar kotak penalti dan peluang tendangan bebas Mahmoud Eid. Menit 51 Makan Konate kembali membawa unggul Persebaya Surabaya lewat gol plessingnya. Proses terjadinya gol berawal dari serangan cepat dan diakhiri dengan plessing Konate. Persebaya Surabaya berhasil menambah gol keunggulan menjadi 2-1 atas Persija Jakarta.

Kini gantian Aji Santoso yang melakukan kontra strategi dengan memasukan dua pemain sekaligus. Diantaranya mengganti Hambali Tolib dan Oktafianus serta memasukan Irfan Jaya dan Aaryn Williams. Dua menit kemudian mempertemukan tepat nya menit 53 Ricky Kambuaya menambah keunggulan Persebaya Surabaya.

Proses terjadinya gol berawal dari kemelut dan berhasil dimanfaatkan oleh Ricky Kambuaya untuk merobek jala Shahar Giananjar. Skor Persebaya Surabaya berhasil menambah gol keunggulan menjadi 3-1 atas Persija Jakarta.

Aliran bola masih dikuasai oleh Persbaya Surabaya hingga menit 65. Aji Santoso memasukan M Hidayat untuk menggantikan Ricky Kambuaya.

Sementara itu Marc Klok dan Heri Susanto dimasukan oleh Sergo Farias untuk menggantikan Rohit Chand serta Sandi Sute. Menit 75 Persija Jakarta mendapat kesempatan lewat tendangan bebas akibat akselerasi Hersus di jatuhkan oleh M Hidayat.

Marc Klok yang melaju sebagai eksekutor tendangan bebas berhasil mengirimkan umpan matang untuk Simic di dalam kotak penalti. Simic yang menjangkau bola tersebut menanduknya dan ditepis oleh Rivky Mokodompit.

Menit 80 Mahmoud Eid berhasil menambah gol keunggulan untuk Persebaya Surabaya. Proses terjadinya gol berawal dari akselarasi Irfan Jaya yang menusuk ke dalam kotak penalti dan dilanjutkannya dengan mengirim umpan mendatar.

Mahmoud Eid yang menerima umpan tersebut berhasil melepaskan tembakan ke arah pojok di luar jangkauan Shahar Giananjar.

Gol tersebut menutup pertandingan Final Piala Gubernur Jatim untuk kemenangan Persebaya Surabaya 4-1 atas Persija Jakarta.

Susunan Pemain

Persebaya (4-4-2): Rivky Mokodompit (PG); Mokhamad Syaifudin, Arief Satria, Rizky Ridho, Alwi Slamat; Ricky Kambuaya, Hambali Tolib, Makan Konate; Oktafianus Fernando; Mahmoud Eid, David da Silva.
Pelatih: Aji Santoso

Persija (4-4-2): Shahar Ginanjar (PG); Marco Motta, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto; Sandi Sute, Rohit Chand, Dwiki Arya, Evan Dimas; Riko Simanjuntak, Marko Simic.
Pelatih: Sergio Farias

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close