Lebak Banten Di Guncang Gempa 4,9 Magnitudo

Abadikini.com, LEBAK – Gempa bumi baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin 17 Februari 2020.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan, magnitudo gempa 4,9. Lokasi gempa berada di titik koordinat 7.36 Lintang Selatan-106.03 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di lautan dengan jarak 91 kilometer barat daya Lebak. Pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pukul 19:11:46 WIB.

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Warga Jakarta Merasakan Getaran

Meski berpusat di Lebak, Banten, gempa magnitudo 4,9 itu juga dirasakan warga Jakarta.

Telni, warga Ibu Kota yang berkantor di kawasan Menteng, Jakarta Pusat mengaku merasakan getaran halus di ruangan tempatnya bekerja.

“Tadi terasa ada getaran di lantai 4 tempat aku bekerja,” ujar dia kepada┬áLiputan6.com.

Tak sendirian, Telni mengaku temannya yang berada di lantai 1 dan lantai 5 juga merasakan hal yang sama, meski cuma sebentar. Belakangan baru dia mengetahui kalau pusat gempa itu ada di kawasan Lebak, Banten.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close