Penggunaan Teknologi Dapat Cegah Kekurangan Pangan

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat sosial ekonomi dari Universitas Indonesia Riyanto mengatakan pemanfaatan dan penerapan teknologi pertanian akan mencegah terjadinya kekurangan pangan.

“Jadi teknologi yang digunakan untuk pertanian seperti itu dapat saja berfungsi mencegah terjadinya kekurangan stok pangan sebab berbasis data terpantau,” kata Riyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/2/2020)

Penggunaan teknologi juga membuat data pangan Indonesia lebih akurat. Riyanto memuji penggunaan Agriculture War Room (AWR) untuk memantau serta menghimpun seluruh data pertanian

Riyanto menuturkan sudah waktunya pemerintah mengoptimalkan teknologi, termasuk di pertanian, agar dapat mendorong produksi sesuai kebutuhan berbasis data.

“Sejauh mana ketahanan pangan Indonesia lebih bisa diketahui validitasnya, dari hulu sampai hilir terpantau kesiapannya,” ujarnya

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) telah resmi merilis penggunaan AWR dengan memanfaatkan sejumlah alat teknologi.

AWR berfungsi memeriksa data pertanian nasional secara berkala di suatu ruangan yang meliputi luas lahan baku sawah, pasokan pupuk, hingga luas panen. Maksimalisasi teknologi AWR juga bertujuan mendata efektivitas tingkat produktivitas hasil komoditas pertanian yang dihasilkan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker