Pejabat Beragama Islam Isi Jabatan Tertinggi Urusan Agama Katolik di Kementerian Agama, Ini Penjelasannya

Abadikini.com, JAKARTA – Di media sosial ramai dibahas soal Dirjen Bimas Katolik Kementerian agama yang dijabat HM Nur Cholis Setiawan sebagai pelaksana tugas atau plt. Netizen mempertanyakan kenapa posisi itu diisi orang yang tidak beragama sama.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi pun memberi penjelasan. Dia mengatakan Nur Cholis Setiawan menjabat plt karena pejabat sebelumnya memasuki usia pensiun.

“Benar, untuk sementara Dirjen Bimas Katolik, yang sebelumnya dijabat Eusabius Binsasi, karena memasuki usia pensiun sejak Juli 2019, maka diangkat pejabat pelaksana tugas Sekjen Prof Dr Nur Cholis sampai ada pejabat yang baru secara definitif,” kata Zainut saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/2/2020).

“Sebelum Pak Nur Cholis bahkan pelaksana tugas dijabat oleh Dirjen Bimas Islam Prof Muhammadiyah Amin,” sambungnya.

Zainut menerangkan fungsi pelaksana tugas hanya bersifat administratif. Seorang pelaksana tugas tidak boleh mengambil kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis. Jadi, menurutnya, tidak ada persoalan dalam hal ini.

Di sisi lain, netizen juga mempertanyakan apakah tidak ada sosok lain yang beragama Katolik yang kompeten menjabat pelaksana tugas. Zainut menyebut ada benturan dalam aturan.

“Ada ketentuan pejabat pelaksana tugas itu harus dari tingkat eselon yang sama,” ujarnya.

Zainut menegaskan, meski beragama Islam, Nur Cholis Setiawan bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik Kemenag. Dia hanya menjalankan tugas yang bersifat administratif.

“Melaksanakan tugas-tugas administratif saja, tidak masuk urusan yang sifatnya peribadatan atau agama,” ujarnya.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker