Lewat DIY Fest 2020, Pelaku Industri Dituntut Membentuk Ekosistem Ekonomi Kreatif di Surabaya

Abadikini.com,  SURABAYA – SUBstitute Makerspace akan menyelenggarakan acara bertajuk DIY (Do-It-Yourself) Festival 2020 dengan tema Crafting Sustainability. DIY Festival merupakan salah satu program sebagai bentuk dukungan terhadap program Developing Inclusive and Creative Economies (DICE).

Menurut Head of Community SUBstitute Makerspace, Dicky Firmanzah mengatakan acara ini bertujuan untuk mendukung pembentukan dan pertumbuhan budaya bikin sendiri, pembelajaran melalui pengalaman, dan bereksperimen tanpa ketakutan untuk gagal. Kolaborasi adalah kunci sukses terselenggaranya DIY Festival 2020.

“Acara ini mengusung tema Kriya yang Berkelanjutan (Crafting Sustainability) yang intinya adalah bagaimana para pelaku industri kreatif serta individu-individu maupun perusahaan-perusahaan dapat berkolaborasi dan mendukung terbentuknya ekosistem ekonomi kreatif yang berkelanjutan di Surabaya,” terangnya pada keterangan tertulisnya. Sabtu, (08/2/2020).

DIY Festival 2020 diselenggarakan pada tanggal 8-9 Februari 2020 di Surabaya Townsquare (Sutos). DIY Festival memiliki beragam agenda acara seperti serangkaian lokakarya/kelas-kelas oleh para pelaku industri kreatif, perusahaan-perusahaan yang menjadi sponsor, dan artisan sebagai salah satu wadah untuk membagi pengetahuan dalam membuat suatu produk.

“Kemudian ada kompetisi laminasi HPL, Makers hub-ruang pameran bagi mereka yang bergerak di bidang industri kreatif, bisa dalam bidang robotik, furnitur, fashion, board game, aplikasi, motor custom atau bisa juga sabun olahan sendiri,” tambah Dicky.

Selanjutnya, ada serangkaian Talkshow yang menghadirkan berbagai narasumber yang tentunya berkaitan dengan industri kreatif. Selain itu ada Action Sunday dari SUTOS, Maker’s market, Kumpul komunitas, f&b market, pameran kampus dan Bands performance.

Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan sponsor dari banyak pihak seperti British Council, Crona, Carta, Propan, Stanley-Black Decker-DeWalt, dan Surabaya Townsquare (SUTOS).

“Selain itu, kami juga mendapat banyak dukungan dari jejaring kami diantaranya Conecworld (AJBS Group), Surabaya Creative Network (SCN), VQ group, Gerdhu, Jelasin.com, dan lain-lain,” bebernya.

Tentang SUBstitute Makerspace :

SUBstitute Makerspace adalah Makerspace (Ruang karya bersama) pertama di Surabaya yang didirikan untuk membentuk ekosistem dan budaya industri kreatif di Surabaya.

SUBstitute menyediakan akses terhadap peralatan-peralatan dan pengetahuan dan dengan aktif mendukung perkembangan jaringan antar sesama pelaku industri kreatif termasuk didalamnya engineers, designers, crafter, workers, etc.

“Kami menggunakan sistem keanggotaan agar pelaku industri kreatif dan pengrajin lokal mendapatkan kesempatan mengakses ruang dan peralatan- peralatan di SUBstitute untuk mengembangkan kemampuan dan membangun jejaring,” tutup Dicky.

SUBStitute Makerspace berada di jantung kota Surabaya, yaitu di AJBS Kompleks, Jl Ratna no 14 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60246.

Topik Berita
Back to top button
Close