Jaringan Hacker OurMine Bobol Akun Milik Facebook di Twitter dan Instagram

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah akun media sosial milik Facebook dkk dilaporkan telah dibobol oleh sekelompok hacker yang menamakan dirinya “OurMine”.

Berdasarkan sederet tangkapan layar (screenshot) yang tersiar di Twitter, OurMine tampak membajak akun Twitter dan Instagram Facebook dengan handle @Facebook dan Messenger, @messenger.

OurMine mengunggah sebuah postingan yang menyatakan bahwa akun-akun perusahaan teknologi tersebut sudah dibajak lantaran sistem keamanannya disebut lemah.

Selain mengunggah pernyataan, OurMine juga terlihat mengganti tampilan profil akun Instagram Facebook dan Messenger dengan cara menjejali feed dengan sederet gambar yang bisa jadi merupakan logo grup tersebut.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (8/2/2020), sejumlah unggahan hacker di akun Twitter dan Instagram milik Facebook sudah dihapus.

Pihak Facebook belum memberikan komentar resmi terkait kasus ini. Namun, pihak Twitter mengonfirmasi bahwa akun Facebook memang telah diretas.

“Setelah kami mengetahui masalah (peretasan) tersebut, kami langsung mengunci akun (Facebook) dan bekerja sama dengan pihak Facebook untuk memulihkannya,” ujar juru bicara Twitter sebagaimana dilansir Reuters.

Bukan kali ini saja, sebelumnya OurMine juga sempat membajak akun media sosial yang dimiliki oleh pemimpin perusahaan teknologi serta sejumlah merek ternama.

Beberapa di antaranya seperti akun Twitter Mark Zuckerberg (CEO Facebook), Jack Dorsey (CEO Twitter), Sundar Pichai (CEO Google), Netflix, Marvel Studios, FC Barcelona, hingga New York Times.

Selain jejaring sosial, OurMine juga pernah meretas beberapa situs populer, seperti BuzzFeed, TechCrunch, Variety, hingga WikiLeaks.

Dibobol lewat aplikasi Khoros

Berdasarkan penelusuran, unggahan di Twitter dan Instagram yang disebutkan di atas disinyalir berasal dari aplikasi Khoros. OurMine memanfaatkan aplikasi tersebut untuk meretas aneka akun media sosial milik Facebook dkk.

Diketahui, Khoros merupakan platform social media management untuk mengelola sejumlah akun jejaring sosial melalui satu aplikasi, mirip dengan TweetDeck, HootSuite, atau Buffer.

Sayangnya, pihak Khoros belum memberikan informasi terkait kasus pembajakan ini.

Namun, beberapa pekan lalu, saat OurMine berhasil meretas akun NFL dan stasiun TV ESPN bertepatan dengan momen Super Bowl, pihak Khoros sempat mengonfirmasi bahwa sistemnya tidak bermasalah dan tidak diretas.

Kala itu, pihak Khoros mengatakan bakal bekerja sama dengan para pelanggannya untuk mengatasi kasus peretasan tersebut.

“Kami tengah membantu pelanggan Khoros untuk menangani insiden (peretasan) ini,” ujar pihak Khoros kala itu, sebagaimana dikutip KompasTekno dari ZDNet.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan para pelanggan kami dan tengah bekerja sama dengan mereka untuk membantu menangani masalah ini,” pungkasnya.

Sumber Berita
Kompas.com
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close