Disiram Air Keras, Novel Baswedan Sabet Penghargaan Internasional dari PIACFF

Abadikini.com, JAKARTA – Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mendapatkan penghargaan antikorupsi internasional 2020. Penghargaan itu diberikan lembaga Perdana Internasional Anti-corruption Champion Foundation (PIACFF) asal Malaysia.

“Novel Baswedan dianggap sebagai sosok yang tepat menerima penghargaan ini karena pada 11 April 2017 mendapatkan serangan berupa penyiraman air keras oleh orang tak dikenal sepulangnya dari ibadah salat Subuh,” kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Ali mengatakan perjuangan Novel melawan pelaku korupsi perlu diacungi jempol oleh dunia internasional. Novel tetap berjuang bersama Korps Antirasuah meski kondisi matanya sudah tidak bisa melihat dengan normal.

Kasus penyerangan terhadap Novel menjadi perhatian masyarakat dunia. Asosiasi Amnesty Internationalmemaparkan penyerangan tersebut di Kongres Amerika Serikat pada Kamis, 25 Juli 2019.

“Lalu Manajer Advokasi Asia Pasifik Amnesty International, Francisco Bencosme, memaparkan penyerangan terhadap Novel Baswedan dalam forum “Human Rights in Southeast Asia: A Regional Outlook” yang diselenggarakan di Subkomite Asia, Pasifik, dan Non-proliferasi Komite Hubungan Luar Negeri Dewan Perwakilan AS,” tutur Ali.

Terakhir, pada 16 Desember 2019, Novel hadir dalam Sidang PBB di Gedung CR6 Gedung ADNEC, Abu Dhabi, Uni Emirates Arab. Dalam kesempatan itu, Novel berbicara tentang perlindungan bagi Lembaga Antikorupsi dan pegawai di dalamnya.

Untuk itu Ali menilai Novel pantas untuk mendapatkan penghargaan itu. Nantinya, Novel bakal terbang ke Malaysia untuk mengambil penghargaannya.

“Novel Baswedan mendapat undangan dalam rangkaian acara Upacara Peluncuran PIACCF pada Selasa, 11 Februari 2020 di Malaysia. Perdana Menteri Malaysia akan menjadi tuan rumah dalam acara ini,” ujar Ali.

Ali mengatakan KPK juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada banyak pihak yang selalu mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia. Lembaga Antikorupsi itu berjanji bakal terus menjaga komitmen pemberantasan korupsi ke depannya.

Sumber Berita
Medcom.id

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker