Jepang Kehilangan 250 Miliar Yen dari Sektor Pariwisata Akibat Virus Corona

Abadikini.com, JAKARTA — Akibat merebaknya virus Corona, sekitar 20.000 turis China ‘menghilang’ dari Jepang dan bahkan dilarang masuk Jepang khususnya yang berasal dari Provinsi Hubei.

Berapa kerugian ekonomi Jepang akibat hilangnya turis China tersebut?

“Perekonomian Jepang akibat merebaknya virus Corona di China mengakibatkan kerugian sekitar 250 miliar yen bagi Jepang,” kata peneliti Akane Yamaguchi dari Daiwa Institute of Research baru-baru ini.

Menurut Kantor Berita Xinhua yang dikelola pemerintah China, ada 5.974 kasus virus Corona saat ini dan 132 kematian di Cina daratan.

Di Jepang sendiri pada 28 Januari, pertama kali dikonfirmasi bahwa seorang warga yang tidak melakukan perjalanan ke Wuhan, Cina, telah terinfeksi virus corona di Jepang.

Pada tanggal 29 Januari, 206 warga Jepang yang tinggal di Wuhan kembali ke rumah dengan pesawat sewaan pemerintah.

Saat ini diperkirakan 17 orang terduga terkena wabah Corona di Jepang dan menurut Menteri Pertahanan Taro Kono, Sabtu (1/2/2020) satu orang telah sembuh total.

Jumlah pengunjung dari Tiongkok pada 2019 adalah 9,6 juta dengan pangsa pasar teratas di tahun 2019.

Target pemerintah menjelang Olimpiade 2020 adalah 40 juta turis.

Namun dengan wabah Corona ini target tersebut diperkirakan tidak akan tercapai.

“Kekhawatiran terbesar adalah penurunan wisatawan dari China. Ini mungkin menjadi faktor utama yang mendorong ekonomi Jepang,” ungkap Yamaguchi.

Selain itu, jika ekonomi China melambat karena masalah ini, daya beli China dapat berkurang.

Ini bisa berdampak mengurangi ekspor dari Jepang atau menghentikan sementara operasi perusahaan Jepang yang beroperasi di Cina.

“Sekitar 9,6 juta orang dari China mengunjungi Jepang, menjadikannya negara dan wilayah teratas. Ini menyumbang rasio tinggi sekitar sepertiga dari pengunjung asing ke Jepang setiap tahun,” kata dia.

Saat ini, pemerintah Cina telah melarang perjalanan kelompok ke luar negeri.

Mari kita lihat bagaimana ini akan berdampak, berdasarkan data 2018.

Pertama, pengunjung grup berjumlah sekitar 30 persen dari pengunjung Cina tahunan ke Jepang. Sekitar 2,88 juta orang per tahun.

“Jika larangan bepergian kelompok berlangsung selama sekitar tiga bulan, jumlah pengunjung China ke grup akan berkurang sekitar 700.000.”

Menurut “Survei Tren Konsumsi Konsumsi Pariwisata Jepang untuk Pengunjung Asing ke Jepang” (laporan awal), total konsumsi wisatawan China pada tahun 2019 adalah 1 triliun 771,8 miliar yen.

Ini menyumbang 36,8 persen dari total, sekali lagi peringkat berdasarkan negara/wilayah. Jika dikonversi menjadi per orang, itu akan menjadi 210.981 yen.

“Sebenarnya, karena rintangan untuk kunjungan ke Jepang diperkirakan akan meningkat, kami memperkirakan bahwa akan ada sekitar 200 miliar yen dampak dengan asumsi bahwa 1 juta turis Tiongkok tidak akan datang ke Jepang.”

Selain itu, efek limpahan dari penurunan konsumsi domestik yang mengurangi aktivitas ekonomi industri lain adalah sekitar 50 miliar yen.

“Kami memperkirakan bahwa dampak total akan menjadi sekitar 250 miliar yen. Kalangan pengecer terkena wabah coronavirus baru setelah kenaikan pajak.”

Ginza, Tokyo, tempat turis sering berkunjung akan merasakan turunnya penghasilan dalam waktu dekatakibat kurangnya turis masuk ke sana.

“Secara khusus, jenis bisnis yang akan terpengaruh diperkirakan akan mempengaruhi pembelian kosmetik, obat-obatan, pakaian, serta biaya penginapan inti dan makan serta minum. Seperti disebutkan sebelumnya, harga pembelian barang di China lebih tinggi daripada di negara lain,” ujar dia.

Khususnya di industri ritel, kenaikan pajak konsumsi sebesar 10 persen telah sangat dipengaruhi oleh perlambatan konsumsi domestik.

“Di department store, dan lainnya kami mengantisipasi permintaan masuk yang cukup besar, seperti penjualan kosmetik.”

Diasumsikan bahwa kemungkinan ekonomi China akan turun drastis karena coronavirus baru tidak begitu tinggi.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, jika jumlah wisatawan dari China berkurang, diasumsikan bahwa dampaknya terhadap industri ritel serta tempat-tempat wisata lokal yang populer bagi China akan menjadi besar.

“Selain itu, jika konvergensi di China berkepanjangan, ada risiko bahwa rantai pasokan (serangkaian aliran dari pengadaan bahan baku ke manufaktur dan konsumsi barang) perusahaan yang masuk ke China dapat terganggu.”

“Dengan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade akan segera hadir di musim panas, jika situasi di Jepang semakin memburuk, mungkin saja wisatawan dari negara lain dan juga China akan terpengaruh.”

“Dalam skenario utama yang dibayangkan, diperkirakan tidak akan ada perpanjangan, tetapi tidak mungkin untuk memperkirakan seberapa jauh virus baru akan menyebar ke Jepang, sehingga perlu kehati-hataian mendalam,” tambahnya.

Sumber Berita
Tribunnews

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker