Prajurit TNI Ajarkan Pelajar di Perbatasan RI-PNG Cinta Kebersihan Lingkungan

Abadikini.com, MERAUKE – Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) tidak hanya menjaga keutuhan NKRI saja, namun juga berperan dalam membentuk karakter pelajar yang berada di perbatasan melalui kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif 411 Kostrad Pos Bupul 13, memberikan contoh dan mengajarkan siswa-siswi untuk menjaga dan mencintai kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya, di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (30/1/2020).

Komandan Pos (Danpos) Bupul 13, Letda Inf Yusri Khoirudin, S.Tr. (Han)., bersama lima orang anggotanya, secara langsung mengajarkan para siswa-siswi untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar senantiasa sehat, nyaman dan indah dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Mereka kita ajarkan peduli terhadap lingkungan di sekolahnya, kita arahkan dan bimbing untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Dengan lingkungan bersih, nyaman, maka akan terhindar dari segala bentuk penyakit dan membuat semangat belajar,” kata Letda Inf Yusri.

Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif MR 411/Pdw) Kostrad bersama Siswa SD di Perbatasan untuk memungut sampah di lingkungan sekitarnya,

Hal senada disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., bahwa mengajarkan siswa-siswi menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu wujud kepedulian dan cara sederhana membentuk karakter positif yang akan meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar sehari-hari.

“Berinovasi melalui kegiatan yang bermanfaat adalah salah satu konsentrasi Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad. Sebagai prajurit TNI mengajarkan hal positif tentu akan menjadi semangat tersendiri bagi para siswa-siswi yang berada di tapal batas, semoga bermanfaat dalam menularkan perubahan melalui pembelajaran sederhana,” ujarnya.

Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13, Ibu Ona Bernandus, S. Pd.K, menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Bupul 13 yang telah mengajarkan siswa-siswi disekolahnya tentang pentingnya menjaga dan mencintai kebersihan lingkungan sekolah dengan memberikan contoh secara langsung. “Dengan diajarkan oleh Bapak-bapak TNI tentunya menjadi sesuatu yang berbeda dan akan tertanam didalam dirinya,” ucapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker