Tak Cukup Pendekatan Politik dan Militer, Wapres Ma’ruf Amin Sebut Agama Solusi Perdamaian Dunia

Abadikini.com, JAKARTA — Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, menyatakan agama adalah sebuah pendekatan untuk menciptakan kerukunan dunia. Dia melihat, konflik global yang terjadi saat ini tidaklah cukup diselesaikan hanya dengan pendekatan politik dan militer.

“Diperlukan alternatif lain untuk menciptakan kerukunan, yakni melalui pendekatan keagamaan,” kata Wapres Ma’ruf saat bertemu pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Pati Djalal di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara Jakarta, Rabu (29/1).

Ma’ruf melanjutkan, pendekatan keagamaan melalui forum dan upaya komunikasi semata demi menciptakan kerukunan. Kemudian, para pemuka agama saat ini tidak hanya dituntut untuk mencapai kata rukun, tetapi juga merukunkan.

“Kerukunan diperlukan pilar yang kuat. Seperti Indonesia memiliki empat pilar, yakni ideologi, yuridis, sosiologis, dan teologis,” jelas mantan Rais Aam PBNU ini.

Wapres Ma’ruf berharap FPCI ke depan mampu mencakup semua agama, seperti Hindu, Budha.

“Jadi, tidak hanya berfokus pada kerukunan agama Islam dengan Kristen,” pesan Ma’ruf kepada Dino menandasi.

Sebagai informasi, pertemuan Wapres Ma’ruf dengan Dino Patti Djalal dihelat kemarin siang, Selasa (28/1/2020). Dalam kesempatan tersebut, Dino memperkenalkan program unggulan FPCI yakni Seribu Lingkaran Ibrahim yang mempertemukan tiga pemuka agama yakni Islam, Kristen, dan Yahudi selama tiga pekan dan di tiga negara berbeda.

Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker