Jokowi: Percuma Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, TBC-nya Tinggi, RK: Prosentase Penduduk Kami Paling Besar

Abadikini.com, CIMAHI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada kepala daerah untuk melakukan langkah pencegahan penyakit tuberkulosis (TBC). Jokowi tidak ingin sebuah daerah memiliki angka TBC tinggi.

“Ini mumpung ada pak gubernur, saya lihat-lihat banyak gubernur, ini tolong betul-betul saya titip, di daerah juga sama, percuma pertumbuhan ekonominya baik tapi di provinsi bapak TBC-nya juga tinggi nggak ada artinya. Karena apa pun, SDM adalah nomor satu,” ujar Jokowi di acara pencanangan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Technopark Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi mendorong gerakan eliminasi TBC 2030. Infrastruktur juga perlu disiapkan untuk mencegah TBC.

“Urusan drainase yang bersih, sampah ditampung yang harus bisa diselesaikan sehingga sebuah kampung bersih. Terus rumah-rumah yang memiliki pencahayaan, miliki perputaran udara yang baik itu juga penting dalam rangka pencegahan,” ujar Jokowi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) yang hadir pada acara itu melaporkan angka TBC yang masih tinggi di wilayahnya.

“Kami laporkan pak presiden, khususnya Jawa Barat, kasus TBC kami masih tinggi, sekitar 100 ribuan kasus, karena memang penduduk kami juga secara prosentase paling besar,” kata RK.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker