Menteri Kesehatan: Sampai Detik Ini Belum Ada Pasien yang Positif Terinfeksi Virus Corona

Abadikini.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan belum ada warga yang positif virus Corona di Indonesia. Terawan mengatakan hingga saat ini yang ada hanyalah pasien terduga.
“Sampai detik ini belum ada pasien yang positif. Kalau yang dirawat masih ada tetapi yang positif belum,” kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Terawan mengatakan semua pasien suspect virus Corona tengah dalam pemeriksaan insentif. Saat ini, menurut dia, semua pasien masih menunggu hasil laboratorium.

“Tiga sampai empat hari (hasil laboratorium keluar) tergantung kualitas pengirimannya. Kalau kualitas pengirimannya tidak baik, kita minta ulang. Kan itu butuh proses supaya hasil akurat supaya kita tidak memberikan info yang salah. Ini penting karena menyangkut kebijakan selanjutnya,” tuturnya.

Hasil laboratorium itu nantinya akan dikirim ke Jakarta. Terawan memastikan pihaknya akan mengemukakan hasilnya. “Nanti kita akan kemukakan apa adanya,” ujar Terawan.

Sementara terkait jumlah pasien yang dirawat, Terawan mengaku tak tahu pasti. Dia mengatakan, setidaknya ada 2 pasien di Bandung.

“Dua di Bandung, mencar-mencar. Di Cirebon berbeda lagi, semuanya sudah. Staf-staf saya sudah mendatangi semua, di Manado juga masih dirawat. Nunggu 1-2 hari, kalau misalnya hasilnya keluar akan diputuskan. Kalau pasien yang sudah tidak panas dan sudah tidak kenapa-kenapa tapi kan kita harus sesuai SOP,” kata dia.

Sumber Berita
detikcom

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker