Wikipedia Umumkan Telah Perbaiki Dua Artikel yang Diduga Dimanipulasi Sunda Empire

Abadikini.com, JAKARTA — Wikipedia mengonfirmasi sudah ‘membersihkan’ dua artikel berbahasa Indonesia yang diduga disunting Sunda Empire ke format awal. Dua artikel tersebut adalah laman terkait Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) dan North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Lewat akun Twitter resmi Wikipedia Indonesia @idwiki, mereka menyampaikan pembersihan artikel tersebut sudah rampung. Artikel tersebut sudah kembali normal terhitung Jumat (24/1/2020) pada pukul 09.26 WIB.

“Saat ini kontributor Wikipedia telah usai menangani kasus perubahan informasi di artikel PBB dan NATO,” tulis Wikipedia bahasa Indonesia di Twitter seperti dikutip Abadikini.com dari CNNIndonesia.com, Ahad (26/1/2020) siang.

Wikipedia memastikan kasus serupa tidak akan terjadi kepada dua artikel tersebut. Mereka juga mengklaim sudah meningkatkan proteksi terhadap dua laman itu.

“Kedua artikel tersebut kini sudah diperbaiki dan diberikan pelindungan agar kejadian serupa tak terulang kembali,” kata Wikipedia bahasa Indonesia.

Artikel berbahasa Indonesia tentang PBB dan Nato menyita perhatian publik usai disunting oleh akun anonim. Kasus itu pun dibawa pakar telematika Roy Suryo ke Polda Metro Jaya.

Roy Suryo mengadukan petinggi Sunda Empire Rangga Sasana ke kepolisian terkait vandalisme artikel itu. Dia menjelaskan ada pengubahan tempat Sidang Umum PBB pertama dari Church House, London menjadi di Lembang, Bandung.

“Yang bersangkutan mengatakan kalau PBB dan NATO itu dilahirkan, didirikan di Bandung di Gedung Isola,” ucap Roy di Polda Metro Jaya, Jumat (24/1/2020).

“Kemudian yang bersangkutan malah mengatakan secara langsung kalau saya salah, tidak mengerti sejarah. Karena dia nuduh saya enggak ngerti sejarah, dia ubah sejarah dan inilah yang saya laporkan, itu intinya,” lanjut Roy.

Dari temuan tersebut, Roy menuding kelompok Sunda Empire telah mengubah data dalam laman Wikipedia menggunakan akun anonim. Lantas, dia yang juga merupakan pakar telematika itu membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

“IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire. Dia secara kasar, secara tidak ilmiah telah mengubah sejarah melalui Wikipedia,” kata Roy.

Laporan polisi itu tertuang pada LP/530/I/YAN.2.5./2020/SPKT/PMJ tanggal 24 Januari 2020. Pihak-pihak yang dilaporkan Roy kini sedang dalam tahap penyelidikan.

Pasal yang dilaporkan terkait Tindak Pidana ITE, menyebarkan berita bohong dan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 27 ayat 3 junto Pasal 45 ayat 3, Pasal 31 junto Pasal 48 dan atau Pasal 35 junto Pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19/2016 tentang ITE dan Pasal 14, 15 dan Pasal 311 KUHP.

Sumber Berita
CNN Indonesia
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close