Ini Alasan NasDem Setujui Kenaikan Parliamentary Threshold Jadi 7 Persen

Abadikini.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyetujui wacana penaikan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) menjadi 7%. Ia menilai kenaikan itu bakal jadi ‘penyaring’ secara alamiah partai politik yang berkualitas di Indonesia.

“Upaya membuat partai terseleksi sedemikian rupa secara alami, bagus sekali,” kata Surya di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (26/1/2020), seperti dikutip dari Media Indonesia.

Surya menilai tidak ada yang salah dengan penyaringan partai politik. Hal itu justru bisa menghasilkan partai yang berkualitas dalam manajemen institusi.

“Sehingga menghasilkan nilai kualitatif yang lebih berarti dalam perjuangan ideologi dan visi misi partai politik,” ujarnya.

Bagi orang nomor satu di NasDem itu, harus banyak pembenahan pada kualitas institusi parpol saat ini. Salah satunya, dengan menaikkan ambang batas parlemen.

“NasDem sepakat batas ambang minimal parlemen tujuh persen,” tegas Surya.

Wacana penaikan ambang batas parlemen mulai mencuat. Namun, partai politik masih berbeda suara terkait angka kenaikannya. Sejumlah parpol ingin ambang batas parlemen menjadi 5%, dan yang lain mengusulkan 7,5%.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker