5 Kuliner Kota Solo yang Layak Anda Coba

Abadikini.com, JAKARTA — Siapa yang tidak kenal dengan Solo? Kota yang terkenal dengan lagu “Bengawan Solo” ini merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Jawa bagian selatan menurut jumlah penduduk. Tidak hanya sejarah dan tempat-tempat rekreasinya, Solo juga mempunyai hidangan khas yang lezat dan wajib untuk dicoba.

Penasaran? Yuk, jajal menu-menu khas di 5 tempat wisata kuliner Kota Solo berikut ini!

1. Soto Gading

Soto Gading (Dok : Google.com/maps)

Soto Gading sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Kuliner legendaris ini sering disantap oleh para pejabat negara, lo. Letaknya ada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 dan memiliki beberapa cabang. Meskipun banyak pedagang yang menjual hidangan yang sama, Soto Gading tetap menjadi favorit karena cita rasanya yang khas.

Soto ini disajikan dengan kuah bening yang sedikit kental. Jika ingin lauk-pauk pelengkap, ada tahu, tempe, satai kerang, satai uritan, empal, dan jeroan. Sejak dahulu, harganya masih saja murah, yakni hanya Rp10.000 per porsi. Tambah lauk pun hanya membayar Rp1.000. Jangan datang terlalu sore jika tidak ingin kehabisan, ya!

2. Serabi Notosuman

Menu legendaris berikutnya adalah serabi Notosuman. Lokasinya ada di Jalan Mohammad Yamin No. 28. Warung ini sudah berdiri sejak 1920-an. Perbedaan serabi Solo dengan serabi Bandung adalah teksturnya yang lebih tipis dan lembut. Pembuatannya pun sangat mudah, yakni dengan mencampur tepung beras dan santan, lalu menuangkannya ke wajan cetakan.

Serabi Notosuman menyajikan dua varian rasa yang populer, yaitu original dan cokelat. Rasanya tak akan puas jika Anda hanya membeli satu saja. Serabi polos dipatok dengan harga Rp1.800 dan rasa cokelat seharga Rp2.000. Sangat murah, bukan? Datanglah pada pagi hari supaya tidak mengantre terlalu lama.

3. Warung Selat Mbak Lies

Ingin kuliner yang gurih dan menyegarkan? Cobalah menu selat yang sedap di Warung Selat Mbak Lies. Warung ini terletak di Jalan Veteran Gang 2 No. 42, Serengan.

Menu-menu yang ditawarkan di antaranya ialah selat lidah, selat bistik, selat galantin kuah saus, selat galantin kuah segar, dan timlo. Selat terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah. Kuah tersebut dibumbui cuka, bawang putih, kecap Inggris, kecap manis, merica, dan pala.

4. Sate Kambing Mbok Galak

Restoran ini terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 112, Banjarsari. Menu satai kambing di sini sering disebut dengan nama “Sate Buntel”. Usaha restoran ini telah dimulai sejak tahun 1980 dan telah melegenda. Rahasia keempukan daging kambing di restoran Mbok Galak ini adalah pemilihan kambing berumur satu tahun. Kambing yang sudah tua biasanya menghasilkan bau menyengat dan kurang empuk.

5. Timlo Sastro

Timlo Sastro (Dok : Google.com/maps)

Terakhir adalah kedai yang terletak di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Jebres. Timlo Sastro telah berdiri sejak tahun 1952 dan sampai saat ini masih ramai akan pengunjung. Menu ini terdiri dari kembang tahu dan daging atau telur sebagai isiannya.

Sudah tak sabar ingin menjajal hidangan-hidangan khas Solo? Yuk, segera kunjungi tempat-tempat wisata kuliner di atas! Tak perlu cemas dengan bujet karena ada banyak kuliner yang murah di kota ini.

Sumber Berita
Suara.com

Baca Juga

Back to top button