Puluhan Kampus Se-Jatim Konsolidasi di UWKS, BemNus Persiapkan Temu Daerah dan Temu Nasional

Abadikini.com, SURABAYA – Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari masing-masing daerah yang tergabung dalam Aliansi BEM Nusantara Jawa Timur (BemNus Jatim) melakukan konsolidasi di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Sedikitnya ada 20 Kampus se Jawa Timur yang hadir pada pertemuan tersebut, di antaranya perwakilan dari Malang, Kediri, Surabaya, Banyuwangi dan Sumenep.

Pihaknya membahas persiapan dan progres dari perhelatan besar BEM Nusantara yang akan di laksanakan pada bulan April mendatang di Surabaya, tepatnya di UWKS.

Menurut Ketua BEM UWK Surabaya, Eko Pratama mengatakan, Tema umum yang diangkat panitia penyelenggara adalah “Optimalisasi SDM Milenial Tangguh dalam Percepatan Globalisasi Demi Terwujudnya Bonus Demografi Positif”.

“Sedikit membicarakan konsep, kegiatan Temu Nasional BEM Nusantara ke-XII, mereka akan membuat gerakan 1000 buku sebagai upaya peningkatan budaya literasi,” papar Eko pada keterangan tertulisnya. Jumat, (24/1/2020).

Sementara itu, Kornus Pulau Jawa BEM Nusantara, Cahya Nugeraha Robimadin menjelaskan bahwa, secara garis besar, BEM Nusantara telah memperlihatkan langkah konkret dalam kurun waktu 2 tahun ke belakang, semenjak terbentuk struktur yang di jalankan dengan penuh komitmen oleh kawan-kawan yang tergabung dalam BEM Nusantara.

“Kemasifan teman-teman BEM Nusantara dalam mengawal isu kedaerahan maupun isu nasional harus tetap dijaga, untuk keberlangsungan gerakan ini,” tambah pria yang pernah menjabat Ketua BEM Unesa tersebut.

Di kesempatan yang sama, Korda Jatim BEM Nusantara, Rifqi Nuril Huda menuturkan bahwa, dalam pertemuan tersebut, BemNus Jatim juga membahas agenda terdekatnya, yaitu Temu Daerah yang akan diselenggarakan di Universitas Merdeka Malang.

“Dalam pertemuan ini BEM Nusantara Jawa Timur akan menggalakkan pendidikan anti korupsi di kalangan masyarakat dan pelajar di malang, sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke tiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” lugasnya.

Secara teknis, sudah dikonsepkan sedemikian rupa oleh BEM Malang raya dan akan di eksekusi bersama pada Temu Daerah BEM Nusantara Jawa Timur di malang dalam waktu dekat ini, kata abel salah satu perwakilan dari BEM Malang raya.

“Selanjutnya juga dibahas mengenai Perpres No. 80/2019 yang mana BEM Nusantara Jawa Timur kedepan juga akan konsen melakukan pengawasan terhadap realisasi Perpres tersebut. Agar benar-benar kemanfaatannya bisa dirasakan masyarakat,” terang Rifqi.

Back to top button