Ini Kelebihan Jet Tempur Dassault Rafale Buatan Prancis yang Bikin Prabowo Jatuh Cinta

Abadikini.com, JAKARTA — Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dikabarkan tertarik membeli jet tempur Dassault Rafale buatan Prancis.

Indonesia berniat memborong 48 Rafale ke Indonesia demi memperkuat alat utama sistem pertahanan yang digunakan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Rafale bukan merupakan pesawat baru di dunia dirgantara internasional. Rafale diketahui terlibat dalam banyak misi sejak digunakan angkatan bersenjata Prancis.

Melansir Dassault Aviation, Angkatan Udara dan Laut Prancis telah melibatkan Rafale dalam serangkaian misi di Afghanistan sejak 2006 hingga 2011. Dalam misi itu, Rafale menunjukkan kemampuannya sebagai jet tempur andal.

Rafale diklaim tepat sasaran ketika menembak target menggunakan roket modular udara ke darat HAMMER, bom berpemandu laser PAVEWAY, hingga meriam 30 milimeter.

Pada 2011, Rafale juga terlibat dalam misi yang dilakukan angkatan bersenjata Prancis di Libya.

Kala itu, Rafale diklaim melaksanakan seluruh spektrum misi yang dirancang, seperti unggul di udara, presisi menyerang dengan roket HAMMERS dan rudal berpemandu laser, menyerang dengan tepat dengan rudal jelajah SCALP.

Jenis rudal yang bisa digotong oleh Dassault Rafale

Rafale juga melakukan pengintaian, pengawasan, Tactical Acquisition and Reconnaissance (ISTAR), Strike Coordination And Reconnaissance (SCAR).

Melansir TheDefensePos, Rafale juga sempat melancarkan serangan udara ke terowongan bawah tanah kelompok ISIS di Irak pada Oktober 2019.

Tindakan yang dilakukan oleh Rafale merupakan bagian dari misi koalisi sejumlah negara melawan ISIS di Irak dan Suriah yang bernama operasi Chammal.

Rafale diketahui jet tempur multifungsi karena mampu berpangkalan di daratan maupun kapal induk. Mengutip Aircraftcompare, harga satu pesawat ini mencapai US$115 juta atau setara dengan Rp1,5 Triliun.

Sejauh ini negara yang sudah membeli pesawat Rafale adalah India, Libya, Inggris, dan Swiss.

Sumber Berita
Rakyatku

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker