Genangi Sekitar Monas, Hujan Guyur Jakarta Pagi Tadi Nyaris Genangi Istana?

Abadikini.com, JAKARTA — Hujan deras yang mengguyur Jakarta pagi tadi sempat menimbulkan genangan hingga depan pintu masuk Monas. Genangan tersebut persis berada di seberang Kompleks Istana Negara.

Meski kini sudah mulai surut, apakah genangan tersebut dapat sampai ke depan istana?

Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Hari Suprayogi mengatakan sejauh ini Istana Negara aman dari ancaman genangan. Drainase yang ada di sekitar istana dilengkapi pompa sebagai antisipasi terjadinya genangan air hujan.

“Kalau istana itu ada hubungannya dengan saluran di Jalan Juanda. Di sana biasanya kita siapkan pompa supaya nggak sampai ke istana. Tapi ini belum ada (ancaman genangan)” katanya kepada detikcom, Jumat (24/1/2020).

Istana sendiri memang sempat kelimpahan genangan karena intensitas hujan yang tinggi beberapa tahun lalu. Namun menurut Hari, hal tersebut dipengaruhi berbagai faktor curah hujan tinggi dari berbagai saluran. Meski demikian, terjaganya kanal banjir barat memastikan keamanan banjir dari luapan sungai bisa ditangani.

“Makanya PUPR perlu jaga banjir kanal barat yang ngalirin dari Ciliwung langsung ke laut. Itu sekarang kecepatannya sudah hampir 900 m3/detik,” katanya.

Hari bilang, genangan yang terjadi di depan pintu masuk Monas bisa jadi lantaran saluran drainase yang terhambat atau karena aliran hujan lokal yang terlalu deras. Hal ini menurutnya menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Kalau genangan nggak sampai setengah jam surut itu nggak apa-apa. Dijaga jangan sampai buntu, ada sampah. Kalau agak lama genangannya mungkin masih ada sampah-sampah,” katanya.

Sumber Berita
detikcom
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close