Polisi Periksa 8 Untuk Dalami Dugaan Unsur Pidana Terkait Kerajaan Sunda Empire

Abadikini.com, BANDUNG – Delapan orang diperiksa Polda Jawa Barat (Jabar) untuk mencari titik terang mengenai kerajaan Sunda Empire. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan empat orang yang dimintai keterangan yakni dua anggota Sunda Empire, budayawan, dan staf Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Senin (20/1/2020).

Pada Selasa (21/1/2020) empat orang lagi di antaranya dari pihak Kesbangpol Jabar, Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad), seorang lagi pihak dari UPI. Nantinya, mereka akan membantu penyelidikan guna mencari unsur pidana terkait keberadaan Sunda Empire tersebut.

“Tentunya penyidik akan melakukan gelar perkara apakah memang di dalam kegiatan Sunda Empire ini sudah memenuhi unsur-unsur pidana, jadi nanti penyidik akan menyimpulkan di gelar perkara dan kalau memenuhi akan ditingkatkan menjadi penyidikan,” kata Saptono kepada wartawan di Bandung, Rabu (22/1/2020).

Sementara itu dia belum bisa memastikan apakah Sunda Empire memiliki modus iuran dengan iming-iming yang menjadi penipuan seperti dalam kasus Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah. Polisi masih menyelidiki apakah Sunda Empire memenuhi unsur pidana dari pasal yang lain.

“Kalau di Purworejo kan memang pidananya dari awal sudah nyata terkait dengan penipuan dan sebagainya. Kita gali (Sunda Empire) mungkin dengan pasal-pasal yang lain,” terangnya.Seperti dikutip dari Antara.

Sumber Berita
merdeka

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker