Terjemahkan Nama Presiden Xi Jinping Mr. Shithole, Akhirnya Facebook Minta Maaf ke Pemerintah China

Abadikini.com, JAKARTA — Facebook pada akhir pekan kemarin meminta maaf secara resmi kepada Pemerintah China setelah media sosialnya secara otomatis menerjemahkan nama Presiden Xi Jinping menjadi Mr Shithole dari bahasa Myanmar ke bahasa Inggris.

Dalam pernyataan resminya Facebook mengaku kekeliruan itu terjadi akibat kesalahan teknis belaka dan bahwa masalah itu sudah diperbaiki.

“Kami sudah memperbaiki kesalahan teknis yang menyebabkan terjemahan dari bahasan Myanmar ke Inggris di Facebook. Ini tak seharusnya terjadi dan kami sudah mengambil langkah agar kesalahan yang sama tak terulang lagi. Kami sunguh-sunguh minta maaf,” tulis Facebook dalam pernyataan resminya.

div class="__mango" data-placement="163">

Kesalahan terjemahan itu mencuat ketika Presiden Xi sedang berada berkunjung ke Myanmar. Di negara itu, dia dan penasehat negara Aung San Suu Kyi pekan lalu meneken sejumlah kesepakatan, termasuk dalam bidang infrastruktur.

Sialnya kekeliruan dalam penerjemahan itu terungkap dalam unggahan-unggahan di laman resmi Facebook Suu Kyi yang menceritakan tentang interaksi kedua pemimpin.

Tak hanya itu, judul berita di media online lokal, Irrawady, yang sejatinya berjudul “Makan Malam untuk Menghormati Presiden Xi” justru diterjemahkan menjadi “Makan Malam untuk Menghormati Presiden Shithole” oleh Facebook.

Tidak diketahui bagaimana kesalahan dalam sistem Facebook dalam insiden itu, tetapi masalah yang sama tidak ditemukan dalam layanan terjemahan Google Translate.

Sumber Berita
Suara.com
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close