Ada-ada Saja Cara Pengendara Roda Empat untuk Akali Ganjil Genap di Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA — Di DKI Jakarta, pembatasan kendaraan dengan metode ganjil genap sudah berlaku. Mobil pribadi dengan nomor polisi genap hanya boleh melintas di tanggal genap, nomor polisi ganjil di tanggal ganjil.

Peraturan ini berlaku di jam-jam tertentu, khususnya di jam sibuk saat pagi hari dan sore hari. Namun, ada saja pengendara yang mengakali pembatasan kendaraan dengan ganjil genap ini. Mereka menunggu sampai jam ganjil genap selesai baru melintas di jalan tersebut dengan cara yang tidak tepat.

Melansir detikcom, buat Anda, sekali lagi kami ingatkan untuk terus mengindahkan peraturan lalu lintas. Karena saat pengendara sudah taat aturan yang ada, dijamin keselamatan, ketertiban, serta kenyamanan di jalanan pasti tercipta.

Nah kali ini, ada satu fenomena menarik yang dilakukan pengendara untuk mengakali ganjil genap. Yakni dengan memperlambat laju kendaraan untuk menunggu jam ganjil-genap selesai.

Untuk memperlambat kendaraan, mereka menggunakan jalur lambat hingga bahu jalan. Tak cuma itu, tak sedikit juga yang menunggu ganjil genap sambil berhenti di pinggir jalan.

Namun saat waktu ganjil-genap akan selesai, mereka baru mempercepat laju kendaraan mereka kembali agar tidak terkena tilang.

Perilaku ini tentu sangat disayangkan, mengingat aturan Ganjil-Genap diberlakukan untuk bisa membuat lebih nyaman pengendara di jalanan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP, Fahri Siregar, mengatakan jika ada pengendara yang demikian. Maka petugas akan memberi tindakan tegas.

“Kalau ada rambu yang menyatakan tidak boleh parkir, berhenti, tidak boleh dilalui seperti bahu jalan, dan apa pun yang tidak boleh dan itu melanggar peraturan lalu lintas, maka akan kami tindak,” ujar tegas Fahri dikutip dari detikcom.

Fahri mengingatkan agar para pengendara tidak berperilaku seperti demikian.

“Semua aturan itu dibuat untuk kebaikan masyarakat,” tambah Fahri.

Kami kerap melihat perilaku berkendara yang memperlambat laju berkendara demi menunggu waktu Ganjil-Genap berlalu. Bahkan perilaku ini kerap memperlambat pengendara lainnya yang ingin melaju lebih cepat di jalan bebas hambatan. Diingatkan kembali untuk tidak melakukannya ya, detikers. Karena saat ini Pemprov DKI Jakarta terus berbenah agar masyarakat bisa menggunakan kendaraan umum yang nyaman, aman dan tentram.

Sumber Berita
detik.com

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker