Diundang KSAU ke Jakarta, Perakit Pesawat dari Pinrang Berangkat Naik Hercules

Abadikini.com, JAKARTA — Chaerul, montir perakit pesawat asal Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, masih tidak percaya dirinya akan diundang bertemu petinggi TNI AU di Jakarta. Chaerul merasa sedang bermimpi.

Chaerul diantar khusus ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

“Saya seperti mimpi, beberapa kali saya cubit tangan karena tidak percaya, saya senang sekali,” kata Chaerul dikutip dari detikcom, Ahad (19/1/2020).

Setelah menempuh penerbangan selama lebih-kurang 4 jam dan transit di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Haerul, yang menjadi pembicaraan di media sosial karena keberhasilannya menerbangkan pesawat buatan sendiri, tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 11.26 WIB.

Setiba di Jakarta, Chaerul, yang didampingi Kasibinpotdirga Lanud Sultan Hasanuddin Letkol Pas Baharuddin, Lurah Pallameang Asdar, seorang kerabat, dan 3 dosen dari Unhas, disambut Kepala Subdinas Penerangan Umum (Kasubdispenum) Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) Kolonel (Sus) Muhammad Yuris, yang juga berasal dari Pinrang, serta para jurnalis Ibu Kota dari media televisi, cetak, ataupun daring.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Chaerul. Sebagai pimpinan TNI AU sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (Fasi), KSAU menyambut positif dan mengapresiasi pencapaian Haerul hingga mampu membuat, merakit, dan menerbangkan sendiri pesawat kreasinya sehingga ia mengundangnya datang ke Mabes TNI AU.

Selama di Jakarta, selain bertemu dengan KSAU, Chaerul akan diajak mengunjungi berbagai skadron yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma dan terbang joyflight dengan pesawat TNI AU. Selain itu, Chaerul akan mengunjungi Skadron Teknik (Skatek) 021 sebagai tempat pemeliharaan pesawat TNI AU sehingga Haerul bisa berinteraksi langsung dengan teknisi pesawat TNI AU terkait hal-hal teknis pesawat terbang.

TNI AU juga akan memberikan edukasi dan pengetahuan tambahan kepada Chaerul tentang keselamatan penerbangan, kelaikan pesawat terbang, dan segala hal teknis terkait lainnya. Yuyu juga berharap Haerul menjadi pionir dalam pembinaan potensi dirgantara di daerahnya sehingga masyarakat bisa lebih mengetahui tentang dunia keudaraan dan tugas-tugas TNI AU secara keseluruhan.

Sumber Berita
Detik.com

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker