Outsourcing Gunakan Robot Gantikan Peran Manusia

Abadikini.com, JAKARTA – Sebuah perusahaan outsourcing atau alih daya, ISS Indonesia sudah mulai menggunakan robot-robot untuk mengerjakan pekerjaan seorang cleaning servis

Robot setinggi pinggang orang dewasa berwarna biru dan abu-abu ini mulai familiar di beberapa lokasi keramaian.

Hal ini ditanggapi oleh warganet dengan berbagai komentar. “Cleaning service-nya Pondok Indah Mall sudah pakai robot”. Demikian bunyi cuitan dari akun twitter @OmDennis, Kamis (15/1/2020).

Akun ini menampilkan video sebuah robot pembersih lantai didampingi seorang pekerja cleaning service. Robot itu wara-wiri membersihkan lantai mal.

Akun lain @gitaprs ikut mencuit dengan menampilkan video sejenis dengan keterangan “di tasiun MRT juga ada dong..”

Akun lain @AHTAHT88, mempertanyakan soal nasib tenaga manusia, bila perusahaan outsourcing saja sudah pakai robot. “ISS selama ini terkenal dgn provider jasa yg pakai tenaga manusia.. menggantikan peranan manusia dgn robot? Hmm..”

Merespons itu, akun @ISSINDO menanggapi, “Terima kasih atas respon baiknya, Great people! Di Indonesia, robot ini bukan untuk penghematan ataupun mengganti teman-teman Great performers ISS Indonesia. Robot ini akan dimanfaatkan di area yg memiliki risiko tinggi untuk manusia dan di area terbatas saja,” jelasnya.

Sementara itu, penasihat Asosiasi Alih Daya Indonesia (Abadi) Iftida Yasar mengatakan dari sekian anggota Abadi, perusahaan outsourcing ISS Indonesia yang sudah menerapkan digitalisasi.

Terkait adanya robot cleaning service yang dipakai oleh perusahaan outsourcing sepeti ISS, menurutnya itu bagian dari perkembangan bisnis di masa depan termasuk di jasa outsourcing. Namun, dalam konteks mesin cleaning service, Iftida mengatakan masih ada campur tangan manusia yang mengendalikannya.

“Dari anggota Abadi, mereka (ISS) memang sudah melakukan digitalisasi seperti administrasi, dalam proses absensi, tak pakai finger print, tapi pakai wajah,” ungkapnya.

Back to top button