Ketua Fraksi PBB Paluta Sidak Permasalahan Antara Masyarakat dan Pengusaha Kelapa Sawit

Abadikini.com, PALUTA – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) lakukan monitoring ke beberapa pabrik pengolahan kelapa sawit yang berada di Paluta, Rabu (16/01/2020).

Tim monitoring dipimpin langsung Ketua Komisi C DPRD Paluta Pati Kan Kan Harahap bersama anggota lainnya yakni Samsul Bahri Daulay, Nurbaiti Harahap, Dewi Irawan Harahap, Akhiruddin Ritonga, H Abdul Rahman Siregar Siregar serta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Paluta Almo Prasesa ST.

Politisi sekaligus ketua Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) DPRD Paluta Samsul Bahri Daulay mengatakan, monitoring dilakukan menanggapi adanya aduan masyarakat atas berbagai permasalahan yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan Pabrik kelapa sawit yang berada di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Ada tiga hal penyebab konflik atau masalah yang timbul antara masyarakat dengan perusahaan kelapa sawit maupun pabrik kelapa sawit. Pengusaha, pemerintah dan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Sehingga menurutnya, peran legislatif harus bisa menjembatani segala bentuk permasalahan yang timbul serta memberikan solusi dan pemahaman pada masyarakat maupun perusahaan.

Samsul juga menekan kepada perusahan-perusahan yang ada di Paluta, agar memberdayakan masyarakat sekitar baik dari segi tenaga kerja maupun bina lingkungan.

Selain itu katanya, membangun hubungan kemitraan yang saling menguntungkan dengan masyarakat. Dengan masyarakat yang sejahtera secara ekonomi maka masalah dapat teratasi untuk menghindari konflik yang mungkin saja bisa terjadi setiap saat.

“Saya faham betul penyebab masalah atau persoalan yang muncul antara masyarakat dengan perusahaan pabrik kelapa sawit, solusinya kemitraan yang saling menguatkan dan saling menguntungkan,” kata Samsul.

Monitoring Komisi C DPRD Paluta diagendakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 16 hingga 18 Januari 2020, hari pertama monitoring di PKS PT Paluta Inti Sawit (PIS) di Kecamatan Halongonan Timur dan PKS PT Sumber Sawit Nusantara (SSN) di Kecamatan
Simangambat.

Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close