7 Tips Sewa Apartemen Murah dan Nyaman di Jakarta

Abadikini.com – Tinggal di apartemen saat ini menjadi tren di kalangan pekerja milenial dan keluarga muda Jakarta. Munculnya tren tinggal di apartemen bukanlah tanpa alasan. Tinggal di apartemen menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Selain itu, apartemen juga menawarkan lokasi strategis serta memiliki akses jalan dan transportasi yang mudah.

Jika Anda sedang mencari hunian tinggal di Jakarta, menyewa apartemen jadi salah satu jalan keluar untuk mendapat tempat tinggal yang nyaman.

Namun, yang menjadi kendala bagi sebagian besar orang ketika ingin menyewa apartemen untuk pertama kalinya adalah mindset bahwa apartemen memiliki biaya sewa yang mahal. Padahal tidaklah demikian, banyak apartemen di Jakarta yang menawarkan harga sewa terjangkau.

Bila Anda sedang mencari hunian apartemen murah dan nyaman di Jakarta, Anda bisa lihat 7 tips berikut ini:

  1. Tentukan Kriteria Hunian yang Dibutuhkan

Jika Anda ingin menyewa apartemen dengan harga murah, Anda harus menentukan kriteria hunian yang Anda butuhkan. Hal ini karena apartemen memiliki banyak tipe unit, mulai dari tipe studio, tipe satu kamar tidur, tipe dua kamar tidur, dan tipe tiga kamar tidur. Selain itu, spesifikasi unit apartemen pun bermacam-macam, mulai dari unfurnished, semi furnished, hingga full furnished.

Cara mudah untuk menyusun kriteria hunian adalah dengan menyusun skala prioritas kebutuhan Anda. Dengan menyusun skala prioritas kebutuhan, Anda bisa tahu apa yang penting Anda butuhkan dan hunian seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda belum menikah dan membutuhkan unit apartemen dengan kriteria simpel, nyaman untuk beristirahat, dan berperabot lengkap. Dengan kriteria tersebut, Anda bisa menyewa unit apartemen bertipe studio dengan spesifikasi fully furnished.

  1. Tentukan Budget Sewa

    Ilustrasi (Finansialku)

Setelah menentukan kriteria hunian apartemen yang dibutuhkan, tahap selanjutnya adalah dengan menentukan budget sewa apartemen. Anda bisa menentukan budget dari kondisi finansial Anda saat ini serta melihat harga sewa pasaran dari unit apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menentukan budget sewa, Anda bisa lebih mudah menemukan apartemen mana saja yang cocok untuk tempat tinggal Anda.

  1. Cermat Memilih Lokasi

Lokasi tempat apartemen berdiri sangat mempengaruhi harga sewa apartemen. Biasanya, apartemen yang berada di pusat kota memiliki harga sewa yang lebih tinggi daripada apartemen yang berada di pinggir kota atau di lokasi yang kurang strategis.

Sebagai contoh, harga sewa Apartemen Thamrin City yang berlokasi di bilangan Thamrin tentu lebih mahal daripada harga sewa Apartemen Kalibata City yang berlokasi di perbatasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Walaupun biaya sewa apartemen yang berlokasi di pinggir kota atau kurang strategis lebih murah, namun tidak berarti dapat menghemat pengeluaran. Anda harus menghitung sejumlah kebutuhan, misalnya biaya transportasi dari apartemen ke tempat kerja Anda.

Jika setelah dihitung biaya transportasi Anda hampir setara dengan harga sewa apartemen perbulan, lebih baik Anda menyewa apartemen yang jaraknya masih dekat dengan pusat kota atau berada di pusat kota.

  1. Lakukan Riset

Setelah menemukan kandidat beberapa apartemen, Anda bisa mencari tahu lebih dalam tentang apartemen-apartemen yang Anda taksir tersebut dengan melihat berbagai situs penyewaan apartemen, misalnya Jendela360. Anda bisa mengetahui informasi detail masing-masing kandidat apartemen Anda.

Selain melihat informasi apartemen, Anda pun harus membandingkan kandidat apartemen-apartemen tersebut. Dengan membandingkan masing-masing apartemen, Anda bisa melihat perbandingan harga, perbandingan fasilitas, dan perbandingan lokasi apartemen. Siapa tahu, Anda bisa menemukan apartemen dengan fasilitas unit yang lebih lengkap, lokasi lebih strategis, dan harga sewa lebih murah.

  1. Pilih Sewa Tahunan Daripada Sewa Bulanan

Salah satu cara untuk menghemat biaya sewa apartemen adalah dengan melakukan sewa tahunan. Sewa tahunan di kenal lebih murah daripada sewa bulanan, karena pemilik unit apartemen biasanya ingin unitnya terisi terus tanpa berganti-ganti penyewa.

Yang membuat harga sewa tahunan lebih murah adalah biasanya pemilik menghitung sewa 1 tahun hanya 10 bulan saja. Jika harga sewa perbulan 3 juta, maka harga sewa setahun biasanya hanya dipatok 30 juta saja. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat budget sebesar 6 juta per tahun.

  1. Sewa Apartemen Bareng Teman

Bila Anda adalah seorang pekerja dan tidak tinggal bersama keluarga, Anda bisa menghemat biaya sewa bulanan atau tahunan apartemen dengan mengajak teman-teman Anda untuk tinggal bersama. Dengan tinggal bersama teman, Anda bisa membagi biaya sewa, biaya deposit, biaya maintenance, dan biaya lain-lain dengan teman-teman Anda.

Sebagai contoh, jika harga sewa apartemen 3 juta per bulan dan Anda tinggal bersama tiga orang teman Anda, maka Anda bisa membagi tiga uang sewa tersebut. Dengan dibagi tiga, maka per orang hanya membayar uang sewa sebesar 1 juta saja per bulan.

  1. Pelajari Ketentuan Biaya Maintenance dan Biaya Lainnya

    Ilustrasi (Lamudi)

Ketika Anda memutuskan untuk menyewa apartemen, Anda harus mengetahui peraturan sewa yang mengikat Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan agar harga sewa apartemen Anda terjangkau adalah tentang adanya biaya-biaya lain di luar uang sewa.

Biaya-biaya lain yang ada diluar sewa biasanya biaya maintenance dan biaya deposit. Anda harus mengetahui apakah biaya maintenance sudah termasuk dalam uang sewa atau belum. Jika belum, maka Anda harus tahu berapa besaran biaya maintenance yang harus dibayarkan.

Selain biaya maintenance, terdapat pula biaya deposit yang dibayarkan di awal waktu sewa. Biaya deposit biasanya di luar biaya sewa, besarannya sejumlah biaya sewa per bulan atau 10% dari harga sewa setahun.

Anda hanya perlu membayar biaya deposit satu kali saja. Karena sifat biaya deposit hanya sebagai jaminan jika terjadi kerusakan unit selama Anda menyewa. Jika tidak terjadi kerusakan, maka uang deposit akan dikembalikan.

Itulah tips-tips untuk menyewa apartemen yang nyaman, namun memiliki harga sewa murah. Langkah-langkah tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam mencari apartemen murah yang tepat untuk Anda.

Bingung cari dan sewa apartemen murah di Jakarta? Ini saatnya untuk cari dan sewa apartemen di Jendela360.

Di Jendela360, Anda bisa menemukan ribuan unit apartemen dengan harga sewa murah yang dilengkapi informasi terlengkap dengan mudah. Selain itu, Anda pun tak perlu ribet mengurus proses sewa, karena semuanya diurus oleh tim Jendela360.

Segera cek www.jendela360.com, dan temukan pengalaman sewa apartemen dengan mudah dan menyenangkan!

Topik Berita
Back to top button
Close