Legislator PBB Wawan Setiawan Tinjau Irigasi Rusak di Desa Ambason Mekar

Abadikini.com, PARIGI – Legislator Partai Bulan Bintang (PBB) Wawan Setiawan bersama sejumlah anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong lainya bersama kepala desa setempat meninjau jaringan irigasi rusak di Desa Ambason Mekar dan Desa Baina Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Kamis sore 9 Januari 2020 lalu.

Wawan Setiawan yang merupakan anggota DPRD asal daerah pemilihan (Dapil) II ini mengatakan, kunjungan pihaknya ke irigasi atas permintaan masyarakat. Menurutnya, para petani di desa itu sudah lima tahun tidak dapat megelola sawah mereka dikarenakan jaringan irigasi rusak sehingga tidak bisa mengairi sekitar 52 hektar sawah di daerah tersebut.

“Sawah di desa itu kurang lima tahun mengalami kekeringan dan tidak berproduksi. Saya sebagai wakil rakyat dari dapil II tentunya tidak akan tinggal diam dengan persoalan ini, apalagi yang terjadi di Desa Baina ini kurang lebih lima tahun sawah tidak lagi berproduksi dan tentunya akan mempengaruhi sisi ekomomi mereka,” kata Wawan melalui rilisnya kepada Abadikini.com, Senin (13/1)

Wawan menjelaskan, tahun ini akan turun anggaran dari Kementerian Pertanian senilai Rp 11,5 miliar untuk pembangunan jaringan irigasi tersier di wilayah Kabupaten Parigi Moutong. untuk itu kata dia diharapkan ada kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah demi kemajuan Kabupaten Parigi Moutong.

“Harapan saya semoga ini bisa kita bekerjasama dengan baik untuk kemajuan daerah ini,” jelasnya.

Senada dengan Wawan, Kepala Desa Ambason Mekar, Abdul Azis E. Hamu mengaku, kurang lebih lima tahun sawah yang ada di desanya tidak lagi berproduksi disebabkan jaringan irigisi rusak.

Sehingga petani yang ada terpaksa beralih menjadi petani kebun. Kendala petani kami di sini hanya air ini, tidak ada lain padahal air di sungai lancar tapi tidak bisa masuk ke sawah karena jarigan irigasi yang membagi air rusak,” ujarnya.

Ia berharap, agar pemerintah daerah khususnya dinas terkait secepatnya menindaklanjuti persoalan tersebut, dan membangun jaringan irigasi yang memadai demi kesejahteraan petani khususnya di Desa Ambason Mekar.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close