Bupati Ratu Tatu Chasanah: Para Siswa Sudah Memasuki Era Literasi Teknologi

Abadikini.com, JAKARTA – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meninjau pameran siswa dan guru pada kegiatan Gebyar Literasi di Aula Serba Guna SMPN 1 Kramatwatu.

Pada kesempatan tersebut, ia berkeliling melihat langsung karya-karya siswa dari sejumlah SD dan SMP.
Ia merasa bangga terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang dipelajari dan diaplikasikan oleh siswa dan guru di Kabupaten Serang.

Bahkan Tatu, sapaan akrab sang Bupati, menilai saat ini para siswa di Kabupaten Serang sudah memasuki era literasi teknologi.

“Alhamdulillah, ilmu pengetahuan yang didapat oleh siswa dari membaca dan belajar di sekolah, mampu membentuk karakter serta menciptakan karya-karya teknologi. Para siswa sudah memasuki era literasi teknologi,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/1/2020)

Tatu melihat langsung sejumlah robot dari hasil karya para siswa. Salah satunya robot mitigasi bencana dan karya-karya ilmiah dari para guru.

“Ada yang juara nasional dan jika diaplikasikan maksimal, akan bermanfaat untuk bangsa kita. Saya lihat ada juga karya-karya novel yang menarik. Dari cover novelnya sudah menarik,” ujarnya.

Gebyar Literasi tersebut bukan kali pertama, tetapi sudah ketiga kali digelar sejak 2016. Tujuannya, guna meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Serang baik dari kalangan anak-anak, tenaga pendidik atau guru, serta para orangtua.

“Kegiatan seperti ini saya berharap terus bisa dilakukan setiap tahun. Memberikan ruang kepada anak-anak dan para guru untuk bisa menampilkan kreasi-kreasi mereka,” tuturnya.

Menurut Tatu, literasi bukan hanya sekadar kebiasaan dan membudayakan membaca buku, tetapi juga bisa membentuk karakter generasi bangsa.

“Literasi membaca dalam arti yang luas, baik dalam bidang seni, teknologi, dan kreasi-kreasi anak,” ucapnya.

Tatu meminta budaya literasi terus dikampanyekan oleh semua pihak, hingga bisa menyentuh masyarakat di tingkat Rukun Warga (RW). Apalagi, katanya, Pemkab Serang sudah mencanangkan Pangkalan Baca Desa (Pakades) di tingkat desa.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker