Teleskop Hubble Temukan Godzilla, Galaksi Terbesar yang Pernah Ada

Abadikini.com, JAKARTA – Teleskop luar angkasa Hubble milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) telah menemukan galaksi terbesar yang pernah ada. Galaxy tersebut dijuluki Galaksi Godzilla atau yang dikenal sebagai UGC 285.

Baca Juga

Jaraknya 463 ribu tahun cahaya dari Bumi. Sementara luasnya diperkirakan 2,5 kali lebih luas dari galaksi Bima Sakti. Galaksi Godzilla ini mengandung hampir 10 kali jumlah bintang, demikian dilansir dari CNET, Rabu (8/2/2020)

“Kami tidak tahu apa yang membuatnya begitu besar,” kata Benne Holwerda Astronom yang menyelidiki galaksi raksasa ini.

Galaksi ini telah diteliti para astronom selama beberapa tahun terakhir dan rotasinya sendiri diukur oleh Astronom Vera Rubin pada 1980-an. Oleh sebab itu, Holwerda lebih memilih menyebutnya sebagai Galaksi Rubin dibanding Godzilla, sebagai penghormatan atas Vera Rubin.

Penyebutan Godzilla yang dikenal tidur di dasar lautan memiliki kesamaan dengan UGC 2885 yang terisolasi dari luar angkasa. Sampai saat ini masih menjadi misteri soal mengapa lingkungan di sekitar galaksi menjadi bersih.

Beberapa galaksi besar diyakini menelan galaksi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, Bima Sakti adalah salah satu contohnya.

Back to top button