Mulai Juli 2020 Anies Baswedan Larang Penggunaan Kantong Plastik di Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA — Mulai Juli 2020 nanti, mal hingga swalayan dan pasar di Jakarta dilarang menyediakan kantong belanja plastik sekali pakai dan harus memakai kantong belanja ramah lingkungan. Lalu, bagaimana jika pelanggan hendak membeli daging atau sayur yang belum dibungkus?

Mal maupun swalayan dan pasar masih dibolehkan menyediakan plastik kemasan sekali pakai untuk mewadahi bahan pangan yang belum dibungkus apapun. Jika sudah ada alternatif kantong kemasan yang lebih ramah lingkungan, maka penyediaan kantong kemasan plastik sekali pakai dihentikan.

Yang dimaksud dengan kantong kemasan plastik sekali pakai adalah kantong transparan sebagai kemasan untuk membungkus dan menjaga sanitasi bahan pangan yang belum terselubung kemasan apapun serta terbuat dari bahan dasar plastik, polimer thermoplastic, lateks, polyethylene, thermoplastik synthetic polymeric atau bahan sejenis lainnya yang merupakan polimer turunan hidrokarbon.

Aturan ini dimuat di Pergub Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pergub ini diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019.

Bagaimana isi aturannya?

Seperti dikutip pada Selasa (7/1/2020), pengecualian untuk kantong kemasan plastik sekali pakai termuat di pasal 7, 10, dan 13. Berikut bunyi salah satunya:

Pasal 10

(1) Toko Swalayan dapat menyediakan Kantong Kemasan Plastik Sekali Pakai
(2) Penyediaan Kantong Kemasan Plastik Sekali Pakai sebagaimana dimaksud pada ayat (1), hanya dapat digunakan untuk mewadahi bahan Pangan yang belum terselubung kemasan apapun
(3) Dalam hal telah tersedia alternatif kantong kemasan yang lebih ramah lingkungan, penyediaan Kantong Kemasan Plastik Sekali Pakai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dihentikan

Meski ada kelonggaran soal kantong kemasan plastik sekali pakai, DKI Jakarta tegas melarang kantong belanja plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Yang dimaksud dengan kantong belanja plastik sekali pakai adalah kantong belanja dengan pegangan tangan yang digunakan sebagai wadah untuk mengangkat barang; terbuat dari bahan dasar plastik, polimer thermoplastic, lateks, polyethylene, thermoplastik synthetic polymeric atau bahan sejenis lainnya.

Pusat perbelanjaan (mal), toko swalayan, hingga pasar wajib menggunakan kantong belanja ramah lingkungan. Yang dimaksud dengan kantong belanja ramah lingkungan adalah kantong belanja guna ulang (reusable) yang dapat terbuat dari bahan apapun, baik daun kering, kertas, kain, polyester dan turunannya maupun materi daur ulang, memiliki ketebalan yang memadai, dapat diaur ulang, serta dirancang untuk dapat digunakan berulang kali.

Sumber Berita
Detik

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker