Lima Negara Ini Anggap China Sangat Menyebalkan, Bagaimana Menurut Anda?

Abadikini.com, JAKARTA — China adalah salah satu negara paling hebat di dunia. Untuk urusan olahraga negeri ini seperti tidak bisa dikalahkan. Selanjutnya untuk masalah perdagangan dan juga militer, China termasuk berada di atas awan, apalagi dibandingkan dengan Indonesia. Selain hal-hal di tersebut, China adalah surga barang-barang canggih namun mewah meski kebanyakan adalah KW atau palsu.

Anyway, pencapaian yang dilakukan oleh China ternyata membuat beberapa negara jadi Iri. Bahkan ada yang sampai memiliki sentimen negatif hingga membenci negeri dar hewan panda ini. Lantas kenapa mereka membenci China? Dan negara mana saja yang menganggap China seperti musuh yang mengerikan? Yuk, kita bahas bersama-sama.

  1. Jepang

Sebuah survei membuktikan jika lebih dari 75% orang yang ada di Jepang membenci China. Hal ini terjadi karena di masa lalu Jepang pernah memberikan propaganda jika China adalah negara yang menyerang mereka. Selain itu banyak orang Jepang percaya jika mereka adalah korban dalam perang dunia ke-II akibat pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945.

Penangkapan kapal China di perairan Jepang

Selain masalah yang berasal dari masa lalu. Di era modern Jepang dan China kerap mengalami kisruh tentang masalah pulau di perbatasan. Selain itu masalah penggunaan langit Jepang sebagai lintasan pesawat China juga kerap membuat dua negara jadi panas. Terakhir, banyak sekali orang China yang menginvasi Jepang sebagai pedagang atau pelaut yang menjarah hasil laut Jepang secara ilegal.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat dan China sudah sejak lama menjadi negara yang saling benci. Mulai dari perang Korea di mana China memberikan bantuan besar kepada Korea Utara untuk mempertahankan wilayahnya. Selanjutnya adalah masalah posisi secara politik di dunia. Amerika Serikat merasa terancam akan keberadaan China yang terus berkembang dengan baik. Bahkan di tingkat pertahanan China termasuk sejajar dengan Amerika Serikat.

Kelihatan rukun sih, tapi di dalam hati enggak ada yang tahu

Selanjutnya masalah perekonomian dan perdagangan. China adalah raksasa dunia dalam hal ini. Amerika Serikat masih berada jauh di bawah. China adalah negara yang bisa membuat barang bagus tapi murah. Hal ini membuat mereka menguasai ekonomi dunia, bahkan memanipulasinya. Terakhir, banyak imigran dari China yang menguasai banyak sektor penting di dunia.

  1. Vietnam

Sedikit banyak kebudayaan yang ada di China ada di Vietnam. Bahkan kedua negara ini sama-sama berlandaskan komunisme. Namun, banyak dari orang Vietnam justru membenci China dari dulu sampai sekarang. Di masa lalu, perang antara China dan Vietnam menjadi pemicu banyak orang di negeri ini membenci China. Bahkan mereka menganggap China seperti musuh bebuyutan.

perang Vietnam dan China di masa lalu

Di era modern seperti sekarang, kebudayaan yang ada di masa lalu itu tetap ada. Hanya saja ditambah dengan kekhawatiran pada bidang perdagangan. China adalah raksasa perdagangan dunia, dan hampir semua barang yang ada dari Vietnam berasal dari sana. Negeri ini jadi paranoid jika kelak negerinya akan dikendalikan oleh China. Selanjutnya mereka akan dicaplok seperti yang terjadi di Tibet.

  1. Turki

Masalah utama yang menjadikan Turki sangat membenci China adalah masalah Muslim Uighur yang terus mendapatkan tekanan dari China. Sekitar 10 juta Muslim Uighur selalu dilarang untuk beribadah. Pemerintah China yang komunis menganggap segala bentuk praktik agama akan mengganggu stabilitas negara.

Muslim Uighur

Konflik antara Muslim Uighur dan China membuat Turki geram. Pasalnya suku Uighur memiliki keterkaitan dengan Turki. Bahkan beberapa bahasa yang digunakan oleh Muslim Uighur adalah Bahasa Turki. Kedekatan ini membuat Turki membenci China dengan segala kebijakannya. Salah satu kebijakan China yang dianggap tak benar adalah menyuruh banyak penduduk pindah ke provinsi Xinjiang tempat Muslim Uighur tinggal agar mereka terus tertekan. Dan lagi China juga akan membangun jalur kereta api ke London melalui provinsi ini.

  1. Mongolia

Mongolia adalah negara yang berada di antara China dan Rusia. Secara historis negeri ini memiliki keterkaitan dengan China meski sekarang banyak dipengaruhi Rusia. Bahkan negeri ini menganggap Rusia seperti saudara tuanya. Bahkan, banyak orang di perbatasan China bisa berbahasa Rusia dengan baik.

Orang Mongolia yang suka berkuda

Oh ya, alasan mengapa Mongolia membenci China dipicu oleh beberapa pandangan. Pertama adalah mereka menganggap China mencaplok banyak wilayahnya, mencuri identitas kebudayaan hingga dianggap mencuri sejarahnya. Hal ini membuat banyak orang Mongolia menganggap China sebagai negara mengerikan yang hobinya hanyalah mencuri.

Inilah lima negara yang sangat membenci kiprah China di dunia internasional. Selain negara ini sebenarnya banyak orang Indonesia yang membenci China. Masalah pertamanya adalah isu pencaplokan Kepulauan Natuna, selanjutnya isu China menguasai perekonomian Indonesia.

Terakhir, banyaknya tenaga kerja dari China yang diisukan membanjiri negeri ini dan memiliki bayaran yang fantastis. Bagaimana menurut anda?

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker