DPC PBB Kabupaten Bogor Kirim Bantuan ke Dua Desa yang Dilanda Banjir dan Longsor

Abadikini.com, BOGOR –  Tim Aksi Cepat Tanggap Peduli Bencana Partai Bulan Bintang DPC PBB Kabupaten Bogor mendistribusikan bantuan langsung ke korban banjir dan longsong di Pon-Pes Manba’ul ‘ulum Jalan Raya Cigudeg, Bunar, Kec. Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Ahad (5/1/2020).

Ketua DPC PBB Kabupaten Bogor Solahuddin mengatakan memilih tempat distribusi bantuan ke Pon-Pes Manba’ul ‘ulum adalah untuk bersilaturami dengan pak kiai, ustadz dan para santri. Solahuddin bersyukur karena bisa bertemu langsung dengan Kyai Aa Sirod.

“Kami ke Pesantren ini pertama silaturrahmi kepada pak Kyai dan warga Pon-Pes yang terkena musibah sekaligus kita memberikan sedikit bantuan sembako seperti beras, indomie, gula pasir dan lainya, Alhamdulillah diterima langsung oleh pimpinan pesantrennya KH. Sirodjudin Jazuli atau Aa Sirod,” kata Solahuddin kepada Abadikini.com melaui sambung telepon, Ahad (5/1/2020).

Menurut Solahuddin, Pon-Pes Manba’ul ‘ulum ini terletak sangat dekat dengan Sungai Cidurian sehingga saat tejadi hujan lebat pada 1 januari lalu, Sungai Cidurian meluap hingga membanjiri seluruh kampung yang berdekatan dengan sungai khususnya di wilayah Bogor Barat

“Puluhan rumah di Kampung Bunar, Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat rusak diterjang banjir dan lonsong pada Rabu (1/1/2020) lalu. Banjir terjadi akibat hujan deras selama berjam-jam dan meluapnya Sungai Cidurian,” ujarnya.

Istimewa

Usai mendistribusikan bantuan ke Pesantren Manba’ul ‘ulum di Kecamatan Cigudeg, Solahuddin dan tim Aksi Cepat Tanggap Peduli Bencana DPC PBB Kabupaten Bogor langsung menuju ke Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung.

“Kami disini juga distribusikan bantuan kepada warga Desa Nanggung, Alhamdulillah meskipun tidak banyak bantuan dari kami tapi sangat membantu warga di kampung ini, karena kampung ini salah satu daerah yang terisolir dari banjir sehingga banyak warga yang kelaparan makanya kami turun langsung ke lokasi ini ” tegasnya.

Terkait dengan penanganan bencana dari pemerintah daerah, menurut Solahuddin pemerintah daerah melaui Bupati Ade Yasin cukup cepat tanggap, untuk itu Solahuddin berharap ditingkatkan lagi kirim bantuannya kepada korban longsor dan banjir di kedua Desa yang ia kunjungi ini.

“Alhamdulillah, Bupati cepat tanggap juga dan muda-mudahan lebih lagi dilakukan berupa kirim bantuan dan evakuasi supa masyarakat ini lebih terakomodir, karena banyak juga yang terisolasi. Untuk makan sehari-hari rada sulit begitu, karena keadaan medannya sangat luar biasa sulit. Sebab dari kota ke lokasi ini bisa makan waktu kurang lebih 4-5 jam karena daerahnya berbukit dan lembah,” harapnya.

Solahuddin juga harapan kepada korban untuk tetap sabar dan tabah karena keadaan inikan memang sangat darurat sekali.

“Mudah-mudahan mereka cepat terobati traumanya dari musibah longsor dan banjir ini. Dengan datangnya kita, kita coba untuk bercengkrama, berbicara dengan mereka, berbincang-bincang dan kita ajak mohon kesabaran yang penuh atas musibah ini,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button