Salju Selandia Baru Berubah Akibat Asap Karhutla di Australia

Abadikini.com, JAKARTA – Asap akibat kebakaran hutan di Australia dilaporkan sudah mencapai Selandia Baru. Bahkan, lapisan es di dataran tinggi setempat berubah menjadi kecoklatan diduga akibat terpapar asap karhutla tersebut.

Menurut Badan Prakiraan Cuaca Selandia Baru, MetService, asap akibat kebakaran hutan di Australia sudah terlihat di beberapa daerah. Cahaya matahari di sejumlah kawasan terlihat menguning atau agak kemerahan tergantung tingkat kepekatan asap.

“Kabut asap yang sudah melintas sejauh 2,000 kilometer melalui Laut Tasman terlihat. Jarak pandang di beberapa daerah hanya bisa mencapai 10 kilometer,” demikian cuitan MetService melalui akun Twitter mereka, seperti dilansir AFP, Jumat (3/1).

Seorang warganet Selandia Baru, Rachel, mengunggah foto yang memperlihatkan lapisan es di Gletser Franz Josef yang biasanya putih cerah kini berwarna kecoklatan.

“Dekat Gletser Franz Josef. Salju itu terlihat seperti karamel akibat debu dari kebakaran hutan yang terbawa angin,” cuit Rachel.

Sedangkan pelawak Selandia Baru, Jemaine Clement, mengunggah foto yang memperlihatkan matahari kekuningan akibat terhalang kabut asap.

Sumber Berita
CNN Indonesia

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker