Power Steering Elektrik Mobil Anda Bisa Rusak Jika Terendam Banjir, Begini Penjelasannya

Abadikini.com, JAKARTA — Awal tahun 2020 diwarnai dengan banjir di sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya akibat curah hujan tinggi.

Tidak hanya terjadi di ruas jalan utama, banjir juga menggenang pemukiman rumah warga dan merendam mobil yang terparkir.

Bila mobil terendam banjir, bagaimana dengan power steering elektrik yang sudah banyak digunakan produksi mobil di Indonesia?

“Sebenarnya tergantung dari ketinggian air yang merendam mobil dan letak motor power steering elektrik itu ada dimana,” buka Wahidin Jaelani, Service Manager Astrido Daihatsu Daan Mogot dilansir dari GridOto.com, Jumat (3/1/2020).

Menurut Wahidin, sebagian besar posisi letak motor power steering elektrik berada di kolom setir (atas) seperti mobil Toyota atau Daihatsu, serta di steering rack (bawah) seperti mobil Suzuki atau Honda.

Jika ketinggian air sampai merendam bagian letak motor power steering elektrik, risiko kerusakan power steering akan semakin besar.

“Memang pada dasarnya letak power steering sudah didesain tahan air dan terlindungi di bagian dalam mobil,” ungkap Wahidin.

Namun bukan berarti bisa tahan air jika terendam banjir dalam waktu lama karena tekanan air yang membuat air akan rembes ke motor power steering elektrik.

“Mengingat air menjadi musuh perangkat elektrikal, ditambah kalau terendam banjir pasti akan ada kotorannya juga,” tutup Wahidin.

Sumber Berita
GridOto

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker