ICW Desak Jokowi Copot Yasonna Laoly

Abadikini.com, JAKARTA – Merespon temuan Ombudsman RI terkait sel mewah Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Presiden Joko Widodo segera mencopot posisi Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Sudah berulang kali sel mewah ditemukan oleh Ombudsman dan stasiun televisi swastas, bahkan KPK juga sudah melakukan tangkap tangan,” kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam jumpa pers yang dilakukan di kantor ICW, Jakarta, Minggu (29/12/2019).

Menurut Kurnia, temuan-temuan tersebut semakin menegaskan bahwa Jokowi sudah tidak memiliki alasan untuk mempertahankan posisi Yasonna tersebut. Ia menilai, Yasonna telah gagal menjaga benteng terakhir dalam sistem peradilan pidana, yakni untuk memaksimalkan wawasan warga binaan.

“Apalagi yang terakhir justru sel orang yang sering berulang, Setya Novanto,” jelas dia.

Sebelumnya, Ombudsman RI menemukan kejanggalan pada sel terpidana korupsi Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Komisioner Ombudsman RI, Adrianus Meliala mengatakan pintu sel mantan Ketua DPR itu dikunci dengan gembok sensor sidik jari. Selain itu, kata dia, ukuran kamar masih lebih luas ketimbang sel yang ditempati terpidana lain.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close