Osvaldo Terkesan dengan Shin Tae Yong Ingin Belajar Bahasa Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Winger Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, mengaku terkesan mendengar bahwa Shin Tae Yong ingin segera belajar bahasa Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu resmi menjadi juru taktik Merah Putih. Tae Yong menandatangani kontrak kerja sama pada Jumat (27/12). Dia juga langsung diperkenalkan kepada publik sepak bola Indonesia sehari kemudian.

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, sebelumnya mengatakan akan membantu memfasilitasi Tae Yong yang ingin segera belajar bahasa Indonesia.

Osvaldo pun menilai keinginan serius Tae Yong untuk bisa cepat belajar bahasa Indonesia merupakan cara yang simpatik untuk mengenal sepak bola tanah air.

“Pelatih asing sepertinya [Shin Tae Yong] sudah pasti punya penerjemah. Apalagi dia bukan pelatih asing yang berbahasa Inggris.”

“Namun, kemauannya untuk bisa cepat belajar bahasa Indonesia tentu jadi kesan yang sangat positif bagi para pemain. Setidaknya dia memang mencoba untuk benar-benar mengenal talenta-talenta Indonesia,” ujar Osvaldo saat dihubungi, Minggu (29/12).

Meski terkesan biasa saja, dengan pendekatan itu Tae Yong dinilai Osvaldo sudah bisa mengundang simpati para pemain.

“Coach Luis Milla juga waktu itu mencoba menggunakan bahasa Indonesia meski sedikit-sedikit. Tapi alangkah baiknya jika pelatih yang baru bisa lebih cepat dan banyak menggunakan bahasa Indonesia.”

“Dia melatih di Indonesia, tentu harus bisa bahasa Indonesia nantinya. Dengan begitu, para pemain juga akan sangat senang hati dan menikmati dilatih dengannya,” kata Osvaldo.

Sumber Berita
CNN Indonesia
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close