5 Makanan Ini Bisa Buat Tidur Lebih Nyenyak saat Liburan Loh

Abadikini.com, JAKARTA – Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk menyegarkan diri lewat berbagai kegiatan termasuk liburan. Berlibur jauh dari rumah memang dapat menyegarkan pikiran, namun sebagian orang justru menjadi lebih sulit tidur lelap ditempat yang asing, seperti kamar hotel atau kamar di rumah keluarga besar.

Padahal, tidur nyenyak merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan. Tidur yang berkualitas dapat mengurangi risiko penyakit kronis, menjaga kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan otak.

Selain itu, setiap orang direkomendasikan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak selama liburan dapat menambah energi untuk kembali menjelajah lokasi liburan keesokan hari.

Setiap orang direkomendasikan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat menunjang kualitas tidur.

Berikut makanan yang membuat tidur lebih nyenyak dilansir dari CNN Indonesia.

1. Almon

Kacang almon dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena mengandung hormon melatonin, hormon yang mengatur tidur. Almon juga kaya akan magnesium. Konsumsi magnesium yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia.

Magnesium juga dapat mengurangi hormon kortisol, hormon stres yang dapat mengganggu tidur. Konsumsi 1 ons almon sebelum tidur dapat membuat tidur nyenyak. Almon merupakan pilihan camilan yang pas sebelum tidur saat liburan.

2. Teh kamomil

Teh kamomil mengandung apigenin yaitu antioksidan yang mengikat reseptor di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia.

Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan orang yang minum teh kamomil dua kali sehari selama 28 hari tertidur 15 menit lebih cepat dan sedikit terbangun di malam hari dibandingkan yang tidak meminum kamomil.

Orang yang minum teh kamomil juga memiliki gejala depresi lebih sedikit, yang kerap dikaitkan dengan gangguan tidur. Menyesap teh kamomil sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Kiwi

Konsumsi buah kiwi beberapa saat sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan vitamin C dan karotenoid dalam kiwi membantu meningkatkan kualitas tidur. Antioksidan itu dapat mengurangi peradangan, salah satu penyebab gangguan tidur.

Studi menunjukkan orang yang mengonsumsi kiwi sebelum tidur, tidur lebih cepat ketimbang orang yang tidak makan kiwi.

4. Ikan

Ikan berlemak seperti tuna dan makerel dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D meningkatkan produksi serotonin dan bahan kimia di otak yang membuat tidur nyenyak.

Kadar vitamin D juga meningkatkan kualitas tidur dengan signifikan. Masukkan menu ikan berlemak ini dalam makan malam Anda saat liburan agar tidur lebih nyenyak.

5. Pisang

Pisang mengandung triptofan dan magnesium yang baik. Kedua nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Satu buah pisang segar dapat dikonsumsi sebelum tidur agar membuat tidur lebih nyenyak saat liburan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button