[Tabayyun] Jokowi Halal Dilengserkan?

Abadikini.com, JAKARTA – Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo disandingkan dengan stempel Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada foto, terdapat narasi bertuliskan “Halal Dilengserkan”.

Unggahan foto itu disebar oleh akun Facebook Dormeng Meng pada Senin, 23 Desember 2019. Pemilik akun juga menambahkan katerangan foto bertuliskan:

“Manusia yg gk punya nilai dn kuwalitas gk pantas mnjdi apapun di negeri ini..”

Penelusuran:

Setelah ditelusuri, foto Presiden Jokowi dengan label Halal MUI adalah hasil editan. Foto asli ditemukan di sejumlah situs media daring.

Melalui reverse image di TineEye, foto serupa ditemukan di Merdeka.com melalui artikel berjudul “Cerita kepala daerah bingung panggil Joko Widodo atau Jokowi” tayang pada Sabtu, 7 Februari 2015, dan di Beritasatu.com, melalui artikel berjudul “Presiden Jokowi “Ground Breaking” RS Ridwan Meuraksa” tayang Rabu, 13 Mei 2015. Foto tersebut bersumber dari Fotografer AFP Mohd Rasfan.

Sementara itu, logo Halal yang dipadukan dengan foto Jokowi berasal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat – obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Kesimpulan:

Klaim pada foto bahwa Presiden Joko Widodo halal dilengserkan adalah hoaks. Foto adalah hasil editan. Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Referensi:

https://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-kepala-daerah-bingung-panggil-joko-widodo-atau-jokowi.html

https://www.beritasatu.com/kesehatan/273568/presiden-jokowi-ground-breaking-rs-ridwan-meuraksa?fbclid=IwAR3N7XEbJHi9a0iQNBZCA110uPff1frCBb-Bmm2EWXAO8t7-O_3mNyRVZKw

https://www.halalmui.org

Sumber:

https://web.facebook.com/groups/998810443641513/permalink/1250856941770194/

Sumber Berita
Medcom.id

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker