Jokowi Tunjuk Eks Hakim MK Harjono Jadi Dewas KPK

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Harjono resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi salah satu anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut diakui Harjono saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (20/12/2019). Hakim MK non aktif tersebut mengaku telah dihubungi pihak Istana sejak semalam, Kamis (19/12/2019).

“Iya benar sudah dihubungi. Tadi malam,” kata Harjono.

Harjono mengaku tidak langsung menerima undangan dari Istana Negara. Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu ini baru memberikan jawaban terkait kesediannya menjadi Dewan Pengawas pada pagi hari ini.

“Ya pertama karena itu amanah yang diberikan kepada saya. Saya menghargailah kepada beliau yang memberikan ke saya,” jelasnya.

Jokowi akan segera melantik anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (20/12/2019) siang ini. Hal tersebut diakui Jokowi saat berbincang dengan wartawan di sela kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (17/12/2019).

“Iya, Jumat dilantik,” kata Jokowi, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (20/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun sempat memberikan gambaran konkret perihal susunan Dewan Pengawas KPK. Namun, Jokowi mengakui bahwa susunan dewan pengawas belum final.

Jokowi mengatakan, kelima orang yang nantinya akan menjadi anggota Dewan Pengawas berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari eks komisioner KPK, jaksa, hingga ekonom.

“Ada dari hakim, jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana,” jelasnya.

Berdasakan informasi yang dihimpun CNBC Indonesia, pelantikan anggota Dewan Pengawas KPK akan dilakukan pada pukul 14:30 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan.

Proses pelantikan tersebut berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK terpilih periode 2019 – 2023.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker