Fitur Traction Control System Bantu Pengemudi Mobil Saat Jalanan Licin

Abadikini.com, JAKARTA – Traction Control System (TCS) adalah Fitur keselamatan aktif pada mobil fungsinya untuk meminimalisir potensi kecelakaan. TCS berfungsi mencegah roda selip akibat jalan licin saat hujan.

TCS banyak dijumpai pada mobil bukan cuma mobil premium, melainkan roda empat dengan rentang harga Rp200 jutaan juga mulai mengadopsi fitur tersebut.

Sesuai namanya, fitur punya fungsi mengontrol traksi dan menjaga putaran roda agar tak selip ketika diajak berakselerasi. Fitur ini ada juga yang bisa dimatikan semisal pengemudi ingin roda mobil berputar lebih ‘liar’.

Kinerja TCS bisa dirasakan kerjanya ketika mobil keluar masuk tikungan dan kondisi jalan basah. Di kondisi jalan licin umumnya traksi ban ke aspal berkurang sehingga gejala selip akan mudah terjadi. Saat itu TCS menjaga traksi dan mencegah gejala selip.
Saat bekerja, sistem TCS juga akan membantu pengereman secara otomatis terhadap masing-masing roda sehingga menjaga mobil agar berbelok aman. Selain itu, power pada mesin juga disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeram.

Pengereman juga tidak dilakukan sembarangan. Setiap roda akan diberikan kekuatan rem sendiri-sendiri yang bisa jadi tidak sama kuat, tergantung dengan kebutuhan roda saat itu.

Sensor akan menilai seberapa kuat rem dibutuhkan pada satu roda. Dengan begitu, mobil tidak akan tergelincir karena roda yang tiba-tiba berhenti.
Contoh, saat mobil menikung dengan kecepatan terlalu tinggi sehingga berpotensi membawa mobil tergelincir. Di sini TCS secara perlahan melakukan pengereman hingga mobil dapat berbelok dengan lembut dan aman.

TCS juga dapat aktif ketika akan keluar tikungan. Misal, ketika pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas saat keluar tikungan sehingga mobil berpotensi ‘terpelanting’ keluar.

TCS akan memerintah pengereman agar mobil tetap berada di jalurnya, mengutip situs resmi Nissan Indonesia.

Kini fitur TCS juga ada disematkan pada sejumlah sepeda motor. Motor paling murah yang menggunakan fitur itu yaitu Yamaha Nmax 2020 dengan harga perkiraan Rp30 jutaan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker