Pindah Ibu Kota Harus Bagi-bagi Proyek, Begini Kata Jokowi

Abadikini.com, BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menanggapi santai tudingan bagi-bagi proyek dalam membangun ibu kota baru. Presiden beralasan harus membagikan proyek dalam pembangunan pusat pemerintahan RI. Jika hal itu tak dilakukan, maka anggaran yang dimiliki pemerintah bisa habis. Pernyataan bagi-bagi proyek tersebut sebelumnya disampaikan oleh koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari JATAM, Walhi, Trend Asia, Forest Watch Indonesia, Pokja 30, serta Pokja Pesisir dan Nelayan.

“Kalau pikirannya negatif tok, ya repot. Ya harus dibagi. Masak kami kerjakan sendiri, (bisa) habis APBN,” kata Jokowi di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur (18/12/2019).

Kepala Negara mengatakan pemerintah ingin mencari sumber pendanaan alternatif yang tidak membebani negara. Salah satunya dilakukan melalui Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Selain itu pendanaan untuk membangun ibu kota baru bisa didapatkan lewat investasi. Sejauh ini, sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk terlibat, salah satunya Softbank Group. Dia mencontohkan ada perusahaan yang menawari pembangunan transportasi publik di ibu kota baru. “Bagus, saya tanya berapa biayanya? kalau masih (masuk) hitungan, silakan (ikut) kontestasi saja,” kata Jokowi.

Selain itu Jokowi menyebut ada investor yang ingin mendirikan universitas di ibu kota baru. Dia lantas mempersilakan investor tersebut untuk masuk ketimbang pemerintah mengeluarkan anggaran untuk mendirikan perguruan tinggi. “Ngapain kami keluar uang, kalau (bisa) dari non-APBN bisa,” pungkasnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker