Ormas Jangan Sweeping Sembarangan Dong Saat Natal, Begini Kata Menag

Abadikini.com, JAKARTA –¬†Peringatan Natal dan tahun baru tak lama lagi tiba. Untuk menjaga khidmatnya perayaan Natal, Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau agar masyarakat tak melakukan aksi sweeping.

Imbauan ini sebelumnya juga pernah diutarakan Menkopolhukam Mahfud MD yang menyebut aparat keamanan telah disiagakan untuk mencegah aksi-aksi yang meresahkan warga saat perayaan Natal.

“Mudah-mudahan enggak ada masalah. Tapi tadi, menekankan Menkopolhukam betul, bahwa tidak boleh ada sweeping-sweeping, dari dulu juga enggak. Mudah-mudahan kali ini juga enggak,” kata Menag di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Fachrul menyebut aksi sweeping yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab akan mengganggu jalannya perayaan Natal. Ia berharap umat Kristiani maupun non-Kristiani bisa saling menghargai jelang perayaan Natal.

“Kalau untuk sweeping itu jangan, kita sepakat tidak sweeping karena itu menimbulkan keadaan tidak baik,” kata Fachrul.

“Kalau orang berpendapat silakan saja, tapi dia menghargai pendapat yang berbeda, kan iklim kita begitu,” lanjutnya.

Guna mengantisipasi sejumlah kejadian yang tak diinginkan, sebelumnya Menkopolhukam Mahfud MD menyebut Polri, TNI, maupun unsur pemerintah telah melakukan sejumlah tindak antisipasi semisal meningkatkan jumlah pasukan pengamanan.

“Beberapa hal yang jadi atensi kerawanan Natal dan Tahun Baru di antaranya adalah ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta gangguan kamtibmas. Itu berdasarkan (data) tahun-tahun lalu,” ucap Mahfud.

“Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antarumat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin,” jelasnya.

Baca Juga

Back to top button