Merokok di Luar Rumah Juga Membahayakan Bayi Anda, Begini Penjelasannya

Abadikini.com, JAKARTA – Berhenti merokok sebuah pekerjaan sulit. Padahal Anda tidak mau membahayakan bayi Anda di rumah.

Hal ini membuat Anda mencari cara untuk menjauhkannya dari asap rokok. Misalnya dengan merokok di luar ruangan.

Sayangnya, cara ini tidak cukup efektif. Sebab merokok di luar juga tetap berbahaya bagi sang buah hati.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP  menyebutkan bahwa, tindakan tersebut tetap membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi perokok pasif. Begitu juga dengan bayi Anda.

“Walaupun Anda merokok di luar, nikotin masih menempel di baju. Ini bahaya buat bayi,” ujar Dokter Sally.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa merokok dapat meningkatkan risiko orang-orang di sekitar Anda terkena penyakit jantung koroner.

Ini karena merokok menyebabkan timbulnya plak pada pembuluh darah (penyebab jantung koroner), mengurangi HDL yang merupakan kolestrol baik, meningkatkan tekanan daraah, dan meningkatkan gangguan irama jantung.

Selain itu perokok yang mengalami serangan jantung memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk meninggal. Lebih cepat satu jam dibandingkan yang bukan perokok.

Bahkan menurut penelitian, perempuan yang merokok memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner enam kali lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Menurut data Kementrian Kesehatan 2018, prevalensi penyakit jantung (diagnosis dokter)  adalah 1.3 persen (laki-laki) dan 1.6 persen (perempuan).

Bagaimana pun caranya, rokok tetap tidak baik untuk Anda dan orang di sekitar Anda. Karena itu, lebih baik Anda menghentikannya.

Sumber Berita
Medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker