Analisa Pengamat Ini Nyatakan PAN Jalan Ditempat Jika Zulkifli Hasan Kembali Terpilih di Kongres

Abadikini.com, JAKARTA – Kepemimpinan Zulkifli Hasan di Partai Amanat Nasional (PAN) dianggap gagal lantaran menurunnya suara PAN pada Pemilu 2019.

Sehingga, jika PAN masih dipimpin oleh Zulhas sapaan wakil ketua MPR itu, maka PAN tidak akan mengalami banyak perubahan.

“Ya kalau kita lihat misalnya seandainya PAN dipimpin Zulhas dengan gaya dan style seperti itu, mungkin PAN tidak mengalami banyak perubahan,” kata pengamat politik, Nyarwi Ahmad kepada redaksi, Sabtu (14/12/2019).

Karena itu, jika Zulhas tetap memimpin partai, maka di Pilkada serentak 2020 nanti, PAN diyakini tidak akan banyak meraih kemenangan.

“Misalnya style Zulhas yang kalem yang fleksibel di dalam itu membuat fleksibilitas PAN itu kadangkala kan dibandingkan ya dengan partai-partai lain dalam kontestasi pemilu bicara Pilkada itu visibilitasnya menjadi kurang menonjol,” jelas Nyarwi.

Dengan demikian, Nyarwi menilai PAN tidak akan mengalami banyak perubahan jika tetap dipimpin oleh Zulhas. Sehingga, harus ada sosok lain, regenerasi yang diharapkan dapat menjadikan PAN menjadi partai yang lebih baik.

Kalau tetap di bawah Zulhas, kemungkinan lima tahun ke depan PAN tidak akan mengalami banyak perubahan,” pungkasnya.

Kongres PAN akan diselenggarakan paling lambat bulan Maret 2020. Kongres akan memilih ketua umum untuk periode 2010-2025.

 

Sumber Berita
RMOL
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close