Sri Mulyani Berada di Peringkat ke-76 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Abadikini.com, JAKARTA – Forbes baru saja mengumumkan peringkat tahunan ke–16 dari 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia pada Kamis, 12 Desember 2019.

Para wanita di peringkat Forbes 2019 kali ini mewakili wanita dalam enam kategori, yaitu bisnis, teknologi, keuangan, media dan hiburan, politik & kebijakan, dan filantropi.

Perempuan masuk peringkat Forbes 2019 adalah mereka yang sukses membangun merek bernilai miliaran dolar, membuat keputusan di pasar keuangan, dan menggunakan pengaruh besar mereka untuk menengahi perjanjian, memberikan bantuan, dan mendorong perubahan.

Selama sembilan tahun berturut–turut, Kanselir Jerman Angela Merkel kembali mengambil tempat nomor 1.

Posisinya itu juga juga menandai total 14 penampilan Angela Merkel dalam daftar Forbes.

Selain Merkel, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde naik satu peringkat ke urutan ke–2.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi, kembali menjajaki peringkat ke 3 tahun ini sebagai wanita dengan peringkat tertinggi dalam sejarah politik Amerika Serikat.

Berjajaran dengan wanita hebat tersebut, Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani menempati posisi wanita paling berpengaruh di dunia ke 76 menurut Forbes.

“Daftar wanita paling bepengaruh di dunia tahun ini adalah kumpulan inovator dan mereka yang memimpin di panggung dunia untuk membangun kembali struktur kekuatan tradisional dan menempa dampak abadi di setiap industri dan lingkungan yang berpengaruh,” kata Wakil Presiden Eksekutif Forbes, Moira Forbes.

“Ketika mendekati akhir dasawarsa ini, tahun 2019 mengingatkan kita akan langkah besar yang telah dibuat oleh perempuan, dan peluang besar yang mereka miliki untuk menentukan dasawarsa mendatang,” lanjut Moira.

Dalam lamannya, Forbes juga menulis alasan Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat termasuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Forbes, terdapat empat poin yang menunjukkan prestasi Menteri Keuangan Sri Mulyani, salah satunya adalah pada tahun 2018 ia berhasil meraih penghargaan menteri terbaik.

Penghargaan tersebut merupakan ajang bergengsi di dunia. Menteri Keuangan Sri Mulyani mampu mendapat Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Penghargaan tersebut jatuh kepada Sri Mulyani karena ia merupakan sosok yang mengupayakan reformasi kebijakan yang telah dicanangkan di Kementerian Keuangan.

Reformasi itu bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Sumber Berita
Pikiran Rakyat

Baca Juga

Back to top button