Bangun Kilang Tak Juga Rampung, Jokowi ‘Semprot’ Bos Pertamina

Abadikini,com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah besar lantaran pembangunan kilang minyak tak rampung-rampung dalam 30 tahun terakhir. Menanggapi hal ini bos PT Pertamina (Persero) mencoba meyakinkan Jokowi bahwa pembangunan kilang masih berjalan dan diharapkan rampung sesuai rencana.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan pengembangan kilang di Cilacap tengah dilakukan dengan Saudi Aramco. Pertamina menawarkan opsi kerjasama seperti di Balikpapan.
Skema Balikpapan yang dimaksud yakni tidak dilakukan spin-off pada kilang eksisting.

Artinya Pertamina dan Saudi Aramco akan membangun fasilitas baru tanpa menyertakan akses eksisting.
Melalui skema ini kedua belah pihak akan membentuk perusahaan patungan untuk mengoperasikan fasilitas baru di kompleks kilang Cilacap.

“Kerjasama dengan Aramco masih berjalan, opsi kerjasama seperti Balikpapan, bangun yang baru. Eksisting tetap operasi tapi sistemnya toll fee,” ungkapnya di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis, (12/12/2019) kemarin.

Meski demikian, nilai investasi kilang Cilacap masih menanti hitungan pasti yang sedang diaudit. Ada selisih nilai valuasi antara PT Pertamina (Persero) dan calon investor raksasa Saudi Aramco.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close