Ini Aplikasi Seluler Untuk Solusi Salesman di Perusahaan Anda

Agen sales lapangan adalah ujung tombak dari perusahaan. Para sales lapangan menangani banyak klien dengan area lingkup yang luas. Mereka bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan yang disesuaikan atas kebutuhan klien. Di setiap kunjungan, para agen lapangan umumnya mengumpulkan seluruh pesanan penjualan, melaporkan kebutuhan pemeliharaan, melakukan survei pasar, dan memeriksa stok level produk.

Mereka harus handal dalam
Mengelola keseimbangan dalam mempertahankan hubungan bisnis yang baik dengan klien lama dan dalam waktu yang bersamaan mengakuisisi klien baru. Namun, hal ini masih susah dicapai dikarenakan prosedur yang digunakan masih manual.

Proses sales lapangan masih manual
Setiap kali agen sales lapangan berkunjung ke toko klien dokumen dicatat dalam bentuk kertas. Lalu disimpan dan dikumpulkan ke kantor pusat setiap harinya. Setelah itu, berkas baru diinput ke dalam sistem oleh admin di kantor. Proses ini sangat memakan banyak waktu belum lagi apabila dokumen hilang di tengah proses atau admin kantor salah input sehingga memperlama proses di pabrik atau distributor.

Proses lama di pabrik akan menyebabkan efek domino terhadap pengiriman produk tersebut. Jika produk tersendat di pabrik, distributor juga akan terlambat dalam penyebaran produknya, hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan klien. Apabila klien tidak puas dengan layanan dan produk yang diberikan, perusahaan principal dapat kehilangan klien mereka. Inilah mengapa input yang salah atau dokumen yang hilang dapat merugikan perusahaan.

Kesulitan supervisor dalam memantau sales lapangan

Di lain sisi, salah satu kendala terbesar supervisor adalah sulitnya memantau sales lapangan. Metode yang sampai sekarang masih digunakan adalah dengan menelpon mereka setiap waktu. Namun, proses ini kurang optimal karena sangat memakan waktu para supervisor, informasi yang diberikan bisa saja tidak tepat dan sampai saat ini tidak ada cara untuk membuktikannya (double check).

Manajemen juga tidak bisa memberi insentif yang adil karena metode untuk mengulas kinerja para sales lapangan masih kurang akurat. Jika insentif yang diberikan perusahaan menarik dan interaktif, sales lapangan tersebut dapat meningkatkan produktivitasnya dan bekerja dengan lebih giat lagi.

Sistem tenaga kerja (workforce)
Solusi penjualan dan distribusi, Ada banyak aplikasi bisnis yang dapat ditingkatkan dalam perusahaan Anda dengan mengadopsi sistem workforce atau sistem tenaga kerja. Supervisor sekarang dapat memantau lokasi beberapa sales lapangan dalam waktu yang bersamaan melalui web platform dengan real-time. Software yang terintegrasi dengan GPS ini memungkinkan supervisor untuk lebih fokus dalam menyusun strategi kedepan.

Sebelum adanya inovasi software, agen lapangan merencanakan rute mereka secara manual dan menjalaninya dengan melihat peta. Sekarang, semuanya telah terkoneksi berkat sistem cloud. Sales lapangan sekarang dapat menavigasi rute perjalanan dengan built-in GPS system di HP mereka.

Sistem tenaga kerja juga dapat mencakup banyak fitur termasuk manajemen komplain yang memudahkan para agen dalam mempercepat proses laporan mereka. Sekarang, semua dokumen dapat di dicatat secara digital dengan cepat dan interaktif dari handphone para agen lapangan. Terkoneksi dengan cloud, dokumen tersebut dapat diproses oleh supervisor secara real-time! Hal ini tidak hanya mempercepat proses distribusi, tapi juga meminimalisasi human error. Sistem tenaga kerja akan mendorong karyawan untuk menjadi seproduktif mungkin, mengurangi operasi, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Strategi Baru untuk Performance Review
Penilaian kinerja yang efektif akan membantu perusahaan Anda untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan produktivitas dan profit. Namun secara umum, memantau dan meninjau karyawan bukan tugas yang mudah, apalagi dengan sales lapangan yang tidak pernah bekerja di dalam kantor.

Sistem penilaian kinerja akan membantu para supervisor/manajer untuk mengukur kinerja agen lapangan secara akurat, tidak hanya dari KPIs dan target tapi juga service yang diberikan ke klien. Seperti yang telah dibahas di atas, data- data yang diambil dapat dipertanggungjawabkan karena berdasarkan fakta yang memang terjadi di lapangan. Web dashboard untuk manajemen dapat digunakan untuk mengakses dan menganalisa kinerja para karyawan dari berbagai perspektif, seperti kehadiran, penjualan, dan lain-lain.

Software Advotics
Industri rantai pasokan (supply chain) saat ini didorong oleh tantangan dan tuntutan yang kompleks. Advotics menawarkan solusi dalam mendigitalkan jalur produksi dan memastikan penjualan dan distribusi hingga ke lapisan akhir (konsumen akhir) dengan cara yang paling efisien. Advotics adalah perusahaan startup SaaS (software as a service) yang telah teruji mendigitalisasi proses distribusi di 60 lebih perusahaan ternama di Indonesia. Sistem workforce Advotics menjembatani perusahaan principal (produsen maupun importir) dengan distributor dan toko-toko di seluruh lapisan rantai pasokan.

Tersedia di handphone dan web platform, sistem Advotics dapat mencatat sales order, struk pembayaran, laporan stok barang hingga survei klien. Data yang dikumpulkan, baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan akan diolah dalam bentuk analitik dan grafik yang menarik sehingga manajemen dapat membacanya dengan keseluruhan proses distribusi.

Topik Berita
Back to top button
Close