Panglima TNI Saksikan Penerjunan Prajurit di Bumi Papua

Abadikini.com, TIMIKA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyaksikan langsung penerjunan statis yang dilakukan oleh prajurit TNI dengan menggunakan pesawat Hercules dalam rangka melaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Operasi di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua, Jumat (29/11/2019).

Di hadapan awak media, Panglima TNI menyampaikan bahwa aksi penerjunan oleh prajurit merupakan rangkaian Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, karena masing-masing Kotama memiliki rencana-rencana latihan dalam bentuk LKO.  “Kenapa  harus ada LKO, karena setiap Kotama memiliki rencana kontinjensi dan LKO digunakan adalah dalam rangka melaksanakan uji Rencana Operasi (RO),” katanya.

Panglima TNI Saksikan Penerjunan Prajurit di Bumi Papua

Dalam kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasi ini, seluruh peterjun setelah mendarat menggunakan topi sinterklas dan mendekati rakyat serta membagikan topi sinterklas dan hadiah Natal.   “Sebentar lagi kita semuanya, khususnya adalah masyarakat yang ada di Papua akan melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru. Kita bisa saksikan, masyarakat berduyun-duyun menyambut prajurit TNI membagikan hadiah Natal tersebut,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI menegaskan bahwa pada dasarnya TNI dan Polri tetap menjaga stabilitas keamanan khususnya saat ini adalah menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru nanti bisa dilaksanakan dengan aman dan damai. “Tugas dari TNI dan Polri adalah memberikan rasa aman,” ucapnya.

Panglima TNI menjelaskan bahwa latihan ini dilaksanakan hampir di seluruh Indonesia, dimana beberapa bulan yang lalu TNI juga melaksanakan latihan penerjunan di Jayapura, pada waktu itu adalah konteksnya Latihan PPRC TNI.  Kemudian beberapa waktu yang lalu juga melaksanakan penerjunan di Selaru, Morotai dan Timika.  “Jadi kegiatan-kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasi dilaksanakan di Kotama di seluruh Indonesia,” katanya.

Turut serta menyaksikan penerjunan diantaranya Mendagri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian,  Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab, Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, Pangkoopsau III Marsda Andyawan Martono, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Aslog Panglima TNI Marsda Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen George E. Supit dan Kabais TNI Marsda Kisenda Wiranata Kusuma.

Topik Berita
Back to top button
Close